-->

Jepang Angkat Peringatan Tsunami, Ishikawa, Niigata dan Yamagata Aman

Jepang Angkat Peringatan Tsunami, Ishikawa, Niigata dan Yamagata AmanTOKYO, LELEMUKU.COM - Badan Meteorologi Jepang telah mengangkat peringatan tsunami untuk pesisir tiga prefektur atau wilayah setingkat provinsi yang berada di bagian Barat Laut negara itu, diantaranya Ishikawa, Niigata dan Yamagata.

Hal ini dilakukan paska gempa bumi bermagnitudo 6,8 skala richter (SR) guncang pesisir Pulau Honsu di Laut Timur Jepang pada Selasa (18/06/2019) malam.

Menurut NHK, berakhirnya peringatan tsunami akibat gempa tersebut diputuskan setelah pihaknya mendapati laporan dilapangan bahwa ancaman gelombang laut dalam jangka waktu yang ditentukan tidak terjadi, hanya beberapa sentimeter saja. 

Sementara Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga menyatakan bahwa pemerintah telah menerima laporan adanya korban luka ringan dari gempa bumi tersebut. Juga tidak ada laporan kebakaran, longsor, rumah rusak dan jalan yang retak.

Ia menyatakan dampak dari gempa ini adalah padamnya listrik pada 7,800 rumah warga di prefektur Yamagata dan Niigata.

Sebelumnya menurut laporan Badan Meteorologi Jepang, gempa tersebut berdampak pada tsunami setinggi 1 hingga 1,5 meter yang menghantam 3 prefektur tersebut.

Sementara beberapa fasilitas publik seperti kereta api dan pembangkit listrik menghentikan sementara operasi mereka.

Perusahaan East Japan Railway menyatakan menunda keberangkatan kereta cepat mereka Shinkansen yang menghubungkan Tokyo dengan prefektur Aomori dan Niigata.

Sementara perusahaan listrik Tohoku Electric Power menyatakan gempa tersebut menyebabkan pemadaman listrik di wilayah Utara Jepang. Sekitar 5,900 rumah di Yamagata dan 3,200 rumah di Niigata dilaporkan padam. Sementara perusahaan Listrik Nuklir Fukushima Dai-Ichi menyatakan gempa tersebut tidak berpengaruh pada pembangkit listrik mereka. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel