-->

Peringkat Kebebasan Pers di Iran Merosot Setelah Penjarakan Wartawan

Peringkat Kebebasan Pers di Iran Merosot Setelah Penjarakan WartawanTEHERAN, LELEMUKU.COM - Kelompok hak-hak media, Wartawan Tanpa Tapal Batas, mengatakan Iran telah morosot lebih jauh ke urut terbawah indeks Kebebasan Pers Dunia karena meningkatnya penangkapan wartawan dan jurnalis warga Iran.

Dalam peringkat kebebasan pers tahunan yang diterbitkan pada Kamis (18/04/2019), organisasi yang berbasis di Paris dan juga dikenal sebagai RSF mengatakan Iran turun enam peringkat ke urutan 170 dari 180 negara dan wilayah. Penurunan ini dikaitkan dengan penangkapan Iran terhadap "jurnalis profesional dan non profesional, terutama yang mengunggah di jejaring sosial" pada 2018.

Laporan itu menggambarkan Iran sebagai salah satu negara di dunia yang paling banyak memenjarakan jurnalis.

Dalam sebuah wawancara kepada VOA, peneliti RSF Iran Reza Moini mengatakan peningkatan penangkapan wartawan Iran itu bertepatan dengan upaya mereka meliput protes jalanan anti pemerintah Iran tahun lalu.

Wartawan Iran yang ditahan sering dituduh menyebarkan propaganda dan pelanggaran keamanan nasional lainnya karena memposting komentar kritis mengenai pemerintah melalui media sosial. Moini mengecam penghukuman Iran terhadap jurnalis itu sebagai tidak berdasar dan tidak adil.

RSF mengatakan faktor lain dalam memburuknya kebebasan pers Iran adalah tindakan kerasnya pada media sosial. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel