Bibit Badai Siklon Tropis 97S Muncul di Laut Arafura, Potensial Menguat pada Sabtu - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Bibit Badai Siklon Tropis 97S Muncul di Laut Arafura, Potensial Menguat pada Sabtu

Bibit Badai Siklon Tropis 97S Muncul di Laut ArafuraJAKARTA, LELEMUKU.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan munculnya bibit badai siklon di Laut Arafura, selatan Provinsi Maluku pada Selasa (02/04/2019).

Dikatakan, bibit badai siklon tropis yang bernomor 97S ini akan dipantau perkembangannya, sehingga ketika meningkat menjadi badai siklon, warga yang berada di sekitar daerah siklon diantaranya Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) di Provinsi Maluku, Timor Leste, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dapat diberitahukan.

"Berdasarkan pengamatan kami, di wilayah tersebut masih merupakan bibit badai tropis. Akan terus kami pantau lebih lanjut," ujar BMKG dalam twitter mereka pada Rabu (03/04/2019).

BMKG sendiri telah merilis update Peringatan dini cuaca di Maluku yang menunjukkan potensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat, petir dan angin kencang di wilayah selatan Maluku.

Sementara itu Badan Meteorologi Australia atau Australian Government Bureau of Meteorology (BOM) menyatakan wilayah Northern Territory terkena bibit badai dengan tingkat rendah ini.

"Siklon tropis rendah telah muncul di utara laut Arafura berjarak 400 km dari Semenanjung Cobourg. Pada Rabu, Bibit ini akan bergerak ke arah barat daya dan pada Kamis menuju barat laut dan Jumatnya bergerak ke arah Laut Timor," tulis rilis tersebut.

Dikatakan pada Sabtu (06/03/2019) siklon 97s ini akan mencapai puncaknya dengan tingkat kecepatan angin yang tinggi dan bergerak di wilayah Laut Timor.

"Bibit badai ini akan berkembang menjadi siklon tropis pada Sabtu, ketika bergerak ke kondisi yang memicu badai ini menjadi besar. Pada saat itu, badai sudah tidak berada di wilayah Northern Territory," prediksi badai tersebut. (Albert Batlayeri)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com
Loading...
loading...