-->

Benhur Tomi Mano Instruksikan Aksi Penanggulangan HIV-AIDS di Kota Jayapura

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Wali Kota Jayapura, Provinsi Papua, Dr Benhur Tomi Mano, MM kepada Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Jayapura instruksikan lakukan 3K dalam Strategi Penanggulangan HIV-AIDS di Kota Jayapura.

“Koordinasi ke segala arah terkhusus seluruh mitra, Komunikasi membahas rencana strategis penanganan HIV-AIDS, dan Komitmen menurunkan angka Orang Dengan AIDS (ODHA) secara realistis, untuk selamatkan anak muda generasi emas. Harus ada wujud konkrit dan aksi nyata,” Katanya membuka Lokakarya Strategi Penanggulangan HIV dan AIDS di Kota Jayapura periode 2019 – 2023 di Hotel Aston, Rabu (23/1).

Laporan sekretaris KPA Kota Jayapura Drs Binton Nainggolan mencatat kumulatif penderita HIV-AIDS hingga September 2018 hingga 2018, sebanyak 6.185 jiwa. “Jumlah tersebut termasuk ODHA rujukan dari kabupaten lain atau bukan mutlak dari Kota Jayapura, serta jumlah kematian sebanyak 185 jiwa,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota menyerahkan dokumen “Pelaksanaan Strategi Rencana Aksi Penanggulangan HIV-AIDS periode 2019 – 2023” kepada sejumlah pemangku kepentingan, antara lain Dinas Kesehatan, FKUB, DP3AKB dan LSM Lingkages Wamena. Wali Kota kepada seluruh stakeholder dan warga Kota Jayapura secara umum, berharap semakin meningkatkan wawasan dan kesadaran diri perihal perkembangan HIV-AIDS.

Penyakit HIV dan AIDS dinilai Wali Kota sebagai kejadian luar biasa. Sehingga urgensi penanggulangan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini, harus konkrit dilaksanakan. Rencananya Wali Kota akan mengadakan konferensi AIDS se-Papua, dengan tujuan secara kolektif menekan angka pertumbuhan ODHA.

“Penanggulangan HIV-AIDS di Kota Jayapura yang mengacu pada visi dan misi, serta masuk dalam program kesehatan. Saya harap tahun 2020 Kota Jayapura bebas dari HIV-AIDS,” katanya.

Menurunkan angka penyebaran HIV-AIDS adalah tanggung jawab bersama terkhusus seluruh stakeholder. Pemeriksaan kesehatan Infeksi Menular Seksual (IMS) dan HIV sudah difasilitasi Pemerintah Kota Jayapura melalui Pusat Kesehatan Reproduksi (PKR). Menguatkan regulasi penanggulangan AIDS dan implementasi 3K bersama seluruh komunitas keagamaan seperti FKUB, PGGS, PHDI dan MUI, mampu mensosialisasikan masyarakat melalui mental dan rohani.

Lokakarya tersebut dibuka oleh Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM, dan dihadiri Wakil Wali Kota Jayapura Ir H Rustan Saru, MM selaku Ketua KPA Kota Jayapura, Sekretaris KPA Kota Jayapura Drs Binton Nainggolan dan Ketua LSM Linkages Wamena Amri Yahya. (HumasKotaJayapura)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel