Pemda MTB Gelar Pelatihan Kepariwisataan Bagi Masyarakat Tanimbar - Lelemuku.com | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Pemda MTB Gelar Pelatihan Kepariwisataan Bagi Masyarakat Tanimbar

Baca juga:

Pemda MTB Gelar Pelatihan Kepariwisataan Bagi Masyarakat Tanimbar
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku dengan menggandeng Pusat Studi Pariwisata Universitas Gadjah Mada (UGM) dan PT. Shell Indonesia menggelar Pelatihan Pengantar Kepariwisataan dan Hospitality Bagi Masyarakat Tanimbar di Aula Lantai IV Kantor Bupati MTB pada Selasa (6/11).

Dalam sambutan Bupati MTB, Petrus Fatlolon, SH., MH yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Piterson Rangkoratat, SH mengatakan pelatihan tersebut merupakan salah satu upaya untuk memberikan pengantar dasar tentang keunikan dan kekuatan industri hospitality pariwisata berbasis nilai-nilai budaya Tanimbar sehingga akan menumbuhkan motivasi dan semangat kewirausahaan di bidang pariwisata untuk masyarakat.

Ia menuturkan yang menjadi titik berat dalam pelatihan itu adalah pemahaman dan penerapan akan  nilai-nilai dan tujuan sadar wisata dan sapta pesona. Sehingga Pemda bersama-sama masyarakat dan pengusaha pariwisata dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Tanimbar.

“Peserta dapat memahami lebih jauh tentang pariwisata, bukan saja sebatas rekreasi tetapi dapat mengenal berbagai prinsip dan dampak pengembangan kepariwisataan dalam berbagai bidang kehidupan,” tutur Bupati Fatlolon.

Setelah itu, dalam laporan kegiatan oleh Kepala Dinas Pariwisata MTB, Ir. Myrik Batlolona, MT mengungkapkan jika kegiatan pelatihan tersebut terinspirasi dari kebijakan pengembangan pariwisata  berdasarkan target Pemerintah Pusat untuk mendatangkan kurang lebih 20 Juta wisatawan pada akhir tahun 2019.

Kegiatan itu sendiri merupakan salah satu upaya untuk menciptakan dan meraih bersama betapa besar potensi atau dampak positif yang akan ditimbulkan dari penyelenggaraan pembangunan kepariwisataan di Bumi Duan Lolat dan yang menjadi prioritas untuk dibenahi adalah Sumber Daya Manusia (SDM).

“MTB sangat strategis berada di wilayah perbatasan langsung dengan Australia, kemudian berbagai destinasi wisata di wilayah ini yang dititik beratkan pada pengembangan SDM. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat khususnya bagi pemerhati pariwisata dalam rangka membangun pengembangan pariwisata di daerah ini,” ungkap dia.

Pelatihan Pengantar Kepariwisataan dan Hospitality itu sendiri akan dilaksanakan dalam dua tahapan, diantaranya pada Selasa (6/11) hingga Rabu (7/11) yang dikhususkan untuk 9 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, pemerhati pariwisata dan pengelola jasa pariwisata.

Kemudian pada pertengahan Bulan November yang dikhususkan untuk masyarakat dan berbagai organisasi pemerhati pariwisata dan kelompok- kelompok sadar wisata di desa-desa wisata.  Narasumber dalam pelatihan tersebut ialah Kepala Pusat Studi Pariwisata UGM Prof. Dr. Janianton Damanik, M.Si  dengan metode penyampaian materi yang santai dan menarik serta berbagi pendapat. Akhir dari pelatihan itu para peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan. (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment

Loading...
loading...