-->

Dinas PMD MTB Gelar Bursa Inovasi Desa

 Dinas PMD MTB Gelar Bursa Inovasi DesaSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa Perdana pada Tahun 2018 di Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) pada Jumat (26/10).

Dalam sambutan Bupati MTB Petrus Fatlolon SH., MH yang dibacakan oleh Asisten II Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan, dr. Edwin Tomasoa mengatakan Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah guna mewujudkan agenda Nawacita dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, yakni Nawacita ketiga yakni 'Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat desa dan daerah dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)'.

“PID diselenggarakan oleh Kementerian Desa PDTT difokuskan pada pendampingan desa dalam pelaksanaan undang-undang desa,” kata dia saat membuka kegiatan itu di Aula Hotel Galaxy Saumlaki.

Bupati Fatlolon menuturkan Bursa Inovasi Desa bukan pameran produk seperti yang selama ini dikenal oleh pemerintah desa (Pemdes) dalam hal pembangunan desa, tetapi merupakan pameran ide-ide kreatif dalam pembangunan desa, yang harapannya dapat mempengaruhi kualitas perencanaan dan penganggaran pembangunan desa untuk tahun anggaran 2019 mendatang melalui komitmen replikasi inovasi desa sesuai dengan kebutuhan, masalah dan potensi yang tentunya sangat beragam di setiap desa.

Orang nomor satu di Kepulauan Tanimbar itupun menyambut baik pelaksanaan Bursa Inovasi Desa tersebut dan mengungkapkan jika pengembangan inovasi desa yang ditawarkan oleh program inovasi desa sangatlah sejalan dengan visi Pemerintah Daerah (Pemda) MTB yang merupakan ikrar bersama untuk mewujudkan masyarakat Tanimbar yang sehat, cerdas, berwibawa dan mandiri dengan memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat pada 10 kecamatan dan 80 desa di Bumi Duan Lolat ini.

“Pengembangan inovasi desa akan menjadi berdayaguna jika dapat disinergikan dan bahkan dikolaborasikan dengan peran Pemda melalui program dan kegiatan inovasi yang juga dlaksanakan oleh SKPD dengan tetap mendayagunakan kewenangan desa sebagai nadi utama dari semangat Undang-Undang-Undang Desa,” ungkap Fatlolon.

 Dinas PMD MTB Gelar Bursa Inovasi DesaSementara itu Ketua Panitia Pelaksana, Josephus Luturmas pun mengungkapkan tujuan kegiatan itu adalah untuk memberikan keleluasaan bagi desa dalam lingkup kecamatan dan desa untuk melakukan pertukaran inovasi desa dan membangun komitmen desa dalam replikasi.

“Tujuan kegiatan ini untuk memperbaiki kualitas perencanaan pembangunan desa menuju pembangunan manusia yang sehat, cerdas, berwibawa dan mandiri,” ungkap dia.

Sasaran dari kegiatan Bursa Inovasi Desa adalah 33 orang Timp Inovasi Kabupaten, 10 orang Camat se-Kabupaten MTB, 70 orang Tim Pelaksanaan Inovasi Desa (TPID), 80 orang Kepala Desa (Kades), 80 orang Badan Permusyawaratan Desa (BPD), 80 orang Sekretaris Desa, 40 orang Tenaga Pendamping Profesional (TPP) dan 10 orang Calon Potensial Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) Potensial. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel