Aliong Mus Komitmen Membangun Seluruh Desa di Pulau Taliabu - Lelemuku.com | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif
Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Provinsi Maluku Mengucapkan Selamat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 Ketua KPI Papua, Jack Sobuber dan Sekda MTB Piterson Rangkoratat Mengucapkan Selamat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

Aliong Mus Komitmen Membangun Seluruh Desa di Pulau Taliabu

Baca juga:

Aliong Mus Komitmen Membangun Seluruh Desa di Pulau Taliabu
JAKARTA, LELEMUKU.COM - Bupati Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara (Malut) Hi. Aliong Mus, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional dan Evaluasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tahun 2018. Rakornas yang diikuti para kepala daerah se lndonesia ini, dibuka oleh Wakil Presiden RI H.Muhammad Jusuf Kalla di Hotel The Sultan, Jakarta, Rabu (14/11).

Bupati Pulau Taliabu usai kegiatan kepada media ini saat dihubungi, mengaku kalau dalam kegiatan ini Pemerintah berkomitmen membangun Indonesia dari desa-desa agar menjadi pusat perekonomian dan mandiri mengelola sumber daya alam.”Dengan kegiatan ini input untuk daerah adalah kembali memberikan kebijakan kepada Kades dengan pengawasan pemerintah untuk mengelola SDA untuk kemajuan ekonomi desa,”katanya.

Selain persoalan ekonomi yang menjadi focus, wapres juga mengingatkan agar fokus pada pembangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang lainnya, dalam pemanfaatan dana desa harus berorientasi pada pembangunan sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat desa.

Empat hal yang menjadi tugas dia tahun 2019 untuk pemkab Pulau Taliabu dalam mengembangkan desa-desa yang mempunyai potensi pengembangan untuk menjadikan desa sebagai pusat ekonomi, seperti kerajinan tangan, pariwisata, kuliner sesuai kearifan lokal daerah setempat.

”Harus ada sinkronisasi, infrastruktur, jalan, jembatan desa, sekarang harus pembangunan masyarakatnya, pendidikan, usaha ekonomi desa, program menyangkut peningkatan kualitas masyarakat, kesehatan, di luar dari pada BPJS, kita ingin ada fokus meningkatkan SDM dan ekonomi desa berkembang, banyak usaha desa berkembang, dulu ada KUD,” paparnya.

Usai pertemuan tersebut, Bupati Pulau Taliabu Hi. Aliong Mus, melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Dirjen PDT) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Taufik Madjid.

Dalam pertemuan itu, dirinya meminta untuk memperhatikan kawasan Maluku Utara, terutama Pulau Taliabu. terutama bidang parawisata dan perkebunan serta Kelautan.

”Ada beberapa hal yang saya utarakan termasuk permohonan untuk transmigrasi,”tandasnya.

Turut hadir sejumlah Menteri dalam Rakornas Dana Desa diantaranya, Menteri Desa PDT dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo, Wakil Menteri Keungan (Wamenkeu) Mardiasmo. Rakornas Masyarakat Desa tahun 2018 melibatkan para Kepala Dinas Pembangunan Desa, para Gubernur, Bupati dan Wali Kota seIndonesia. (HumasTaliabu)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment

Loading...
loading...