-->

Lukas Enembe Ajak Masyarakat Papua Gemar Konsumsi Pangan Lokal

Lukas Enembe Ajak Masyarakat Papua Gemar Konsumsi Pangan LokalJAKARTA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengajak masyarakat bumi cenderawasih agar gemar mengkonsumsi pangan lokal dalam beberapa iven maupun kesempatan.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengapresiasi kelompok masyarakat maupun institusi Kodam yang mulai menerapkan gemar makan pangan lokal papeda setiap dua pekan sekali.

“Saya pikir apa yang dilakukan oleh pihak Kodam dengan menggelar gemar makan pangan lokal bersama masyarakat itu sangat baik dan kita apresiasi. Saya harap ini bisa ditiru oleh pihak perusahaan swasta maupun pemerintahan yang ada diatas tanah ini,” ucap Gubernur Lukas di Jayapura, Selasa (16/10).

Tak hanya pangan lokal papeda (sagu), Lukas minta  agar pengkonsumsian pangan lokal juga memanfaatkan bahan makanan lainnya seperti keladi, buah merah dan kopi.

"Yang pasti kita ingin supaya pangan lokal ini jadi makanan utama masyarakat, institusi negara dan lainnya. Sehingga sebab panga lokal yang ada di Papua ini sangat baik gizinya serta mimiliki kandungan yang berguna untuk tubuh dibandingkan makanan pokok seperti nasi,” tuntasnya.

Sebelumnya, Yulce W. Enembe Istri Gubernur Papua mengimbau agar pangan lokal seperti papeda, umbi-umbian, sagu, olahan buah merah, serta lainya menjadi makanan bagi atlet maupun official, saat iven empat tahunan itu bergulir di bumi cenderawasih.

Sebab selain memiliki kandungan gizi yang tinggi pangan lokal, memiliki rasa yang tak kalah nikmat dibanding pangan nasional. “Sehingga kita dorong pangan lokal menjadi salah satu menu makanan bagi atlet dan official.”

Tak sampai disitu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Papua, Robert Edy Purwoko tengah berupaya mempersiapkan olahan pangan lokal, guna mendukung penyediaan oleh-oleh bagi peserta PON 2020.

Menurut ia, saat ini instansinya sedang melakukan pembinaan terhadap sejumlah kelompok wanita tani. Mereka dibimbing untuk membuat beberapa olahan pangan lokal yag dapat dijual saat perhelatan PON 2020. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel