-->

Pemda MTB Dukung Program Kampung dari PT. Astra Indonesia

Pemda MTB Dukung Program Kampung dari PT. Astra Indonesia
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM  - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Ketenagakerjaan (Disperindagnaker) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) Etty Werembinan mengatakan, pihaknya menerima dan mendukung program PT. Astra Indonesia sekaligus mempersiapkan para pedagang dan industri kecil.

"Program Kampung Astra Berseri, terutama akan dilakukan dibidang Perikanan dan Kelautan namun harus didukung dengan sektor lain, yang memiliki perannya masing-masing. Mengapa tidak? misalkan saja, jika hasil produksi masyarakat dalam bidang perikanan semakin meningkat, selanjutnya mau dikemanakan. Hal ini yang harus dipikirkan oleh SKPD teknis lainnya dan salah satunya adalah Disperindagnaker dengan tugas dan fungsinya untuk mencari pasar," ujar dia saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (18/5).

Pihaknya telah melakukan Business Metching Meeting (tatap muka langsung) dengan Kementerian Perdagangan di Surabaya dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap mendatangkan begitu banyak pengumpul yang mampu membeli berbagai produk yang ada di daerah, terutama di Indonesia Timur.

"Kita sudah mengetahui Buyers (pembeli) yang ada di Surabaya yang kemudian bisa membeli produk perikanan maupun produk pertanian lainnya sehingga dapat bermafaat bagi masyarakat," uujar dia.

Menurut Werembinan, manfaat program PT. Astra Indonesia bagi kabupaten ini, sangat besar karena memiliki rekan kerja yang banyak.

"Mereka juga mampu mempromosikan daerah ini. Ketika perusahaan masuk dengan program CSR (Corporate Social Responsibility) saja sudah sangat membantu, bahkan pegawai sendiri banyak, artinya Tanimbar ke depan akan lebih terkenal. Sekarang kembali ke kita, bagaimana mempersiapkan diri menyambut berbagai program yang dicanangkan pemerintah pusat. Untuk itu dia juga berpendapat, peran SKPD harus melakukan pendampingan yang lebih ketat terhadap masyarakat, sehingga misalkan ada bantuan yang diberikan dapat berjalan secara efektif dan berkelanjutan demi peningkatan pendapatan perkapita masyarakat itu sendiri," ujar dia.

Salah satu SKPD teknis lainnya yang dianggap memegang peranan penting dalam menyukseskan terwujudnya progam tersebut adalah Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Sementara Kepala Dinas Kominfo MTB, Agustinus Songupuan ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (21/5/2018) mengatakan, dirinya sendiri juga terinspirasi untuk mendukung sepenuhnya program PT. Astra tersebut.

"Hal tersebut wajib disuport karena mengingat perkembangan ke depan, model bisnis yang dimainkan kebanyak sudah menggunakan media online, sehingga sebagai leading sektor telekomunikasi dan informatika, dinas Kominfo wajib menyediakan berbaagai media online sebagai wahana untuk menampung dan menyalurkan setiap komoditi yang akan di jual ke luar daerah," ungkap dia. (Diskominfo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel