-->

Peluncuran Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Nasional ke I di Kota Ambon

Peluncuran Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Nasional ke I di Kota Ambon
AMBON, LELEMUKU.COM - Pemerintah Provinsi Maluku dan Kementerian Agama mengadakan launching Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Nasional I Tahun 2018 di Kota Ambon pada Sabtu (9/6). Peluncuran ini menandai dimulainya rangkaian acara Pesparani Katolik yang akan diselenggarakan pada 27 Oktober hingga 2 November 2018 di Kota Ambon.

Hadir pada acara ini, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Eusabius Binsasi, Pelaksana Tugas Gubernur Maluku Zeth Sahaburua, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Provinsi Maluku, Ketua DPRD Maluku, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Ketua III LP3KN, para tokoh agama, para pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Ambon, para Bupati dan Walikota se-Provinsi Maluku.

Dalam sambutannya, Dirjen menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya karena acara peluncuran ini menandakan kesungguhan komitmen dan kerja keras untuk menyukseskan kegiatan Pesparani Nasional I Tahun 2018.

"Peristiwa ini merupakan momen bersejarah karena baru pertama kali dalam sejarah Indonesia, umat Katolik dari Sabang sampai Merauke akan hadir dalam ajang Pesparani Nasional," ungkap dia.

Eusabius juga mengajak untuk memaknai momen Pesparani ini dalam kaca mata Iman dan suasana kebatinan sebagai warga bangsa. Dalam kaca mata iman, Pesparani sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebuah upaya pembangunan di bidang agama, dan juga sarana bagi umat Katolik agar senantiasa berpartisipasi dan memberi sumbangan positif demi kemajuan bangsa dan negara dalam semangat Kristiani sejati.

"Sedangkan dalam kaca mata suasana kebatinan sebagai warga bangsa, Pesparani hendaknya menjadi kesempatan umat Katolik untuk menunjukan eksistensi di tengah bangsa dan negara melalui sumbangsih positif demi kemajuan bangsa dan negara," papar dia.

Sembari memberikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya Pesparani I di Kota Ambon. Dirjen berpesan untuk memasukkan nuansa pesta pada ajang Pesparani.

"Kita lomba tapi rasa pesta! Filosofi lomba identik dengan persaingan, kompetisi dan mencari yang terbaik, namun jangan lupa, kita dalam nuansa pesta yang mensyaratkan adanya sukacita, cinta, persaudaraan, gotong royong, pengorbanan, kesetiaan, kekeluargaan dan lain sebagainya," imbau Dirjen.

Sementara itu, Plt Gubernur Zeth Sahuburua, yang juga Sebagai Ketua Umum Panitiaa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memberikan kepercayaan kepada Provinsi Maluku untuk menjadi tuan rumah Perparani I. Ia menegaskan bahwa Pesparani merupakan pesta iman, ibadah syukur kepada Tuhan oleh karena itu harus dipersiapkan sebaik-baiknya, tidak hanya untuk berlomba tetapi juga untuk memuliakan nama Tuhan.

"Pesparani ini tidak hanya menjadi milik Saudara-saudara umat Katolik, tetapi menjadi milik semua umat beragama di daerah ini!" tambahnya.

Dalam kesempatan ini pula, Zeth Sahuburua mengajak seluruh umat beragama untuk menyukseskan Pesparani.

"Mari kita satukan tekad, sikap, dan pola pikir sehingga pelaksanaan Pesparani dapat berjalan sukses sebagaimana Tri Sukses yang telah dicanangkan, yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses pertanggungjawaban," ajak dia. (HumasKemenag)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel