Suko Pranoto Tinjau Lokasi Pembangunan 2 Batalyon di MTB - Lelemuku.com | Media Pemberi Kabar dan Informasi yang Kritis, Obyektif, Akrab dan Bermartabat dari Maluku

Suko Pranoto Tinjau Lokasi Pembangunan 2 Batalyon di MTB

Suko Pranoto Tinjau Lokasi Pembangunan 2 Batalyon di MTB
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Panglima Kodam (Pangdam) XVI Pattimura, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Suko Pranoto lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku pada  Kamis (01/03). 

Menurut rilis media dari Humas Setda Kab MTB, kedatangan Pangdam bersama sejumlah petinggi di jajaran Kodam XVI Pattimura di Bandara Mathilda Batlayeri yang disambut oleh Wakil Bupati Agustinus Utuwaly, S.Sos bersama Forkopimda MTB ini guna meninjau lokasi Pembangunan Batalyon Komposit di Desa Lorulun, Kecamatan Wertamrian dan Batalyon Armed di Desa Lauran Kecamatan Tanimbar Selatan. 

Selain itu pada hari Jumat (02/03 Pangdam dalam agenda kunjungannya akan meninjau lokasi pembangunan Batalyon Komposit dan Pos Pengamanan Pulau Terluar (Pamputer) di Pulau Selaru.

Pangdam dalam sekapur sirih pada acara ramah tamah bersama Forkopimda dan Tokoh Agama pada Kamis malam bertempat di Hotel Beringin Dua mengatakan bahwa pembangunan fasilitas militer di Kepulauan Tanimbar ini merupakan upaya TNI dalam mengamankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NRKI).

"TNI dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengawal NKRI terutama Blok Marsela, senantiasa mengedepankan sinergitas dengan jajaran Kepolisian, Pemerintah Daerah serta unsur-unsur lain yang ada di daerah ini," ujar Pranoto.

Dikatanan beberapa waktu kedepan, TNI akan mengerjakan dua proyek besar yakni strategi gelar pasukan yang akan terkonsentrasi di dua kawasan antara lain Pulau Selaru di MTB dan Morotai Maluku Utara.

"Strategi gelar pasukan di wilayah-wilayah sebagaimana dimaksud merupakan tindaklanjut dari perintah Presiden RI Joko Widodo, agar prajurit TNI harus disebarkan hingga ke seluruh pelosok tanah air sehingga tidak hanya menumpuk di pulau Jawa saja," jelas dia. 

Selanjutnya ia mengharapkan dengan adanya gelar pasukan sampai ke  wilayah-wilayah termasuk di MTB agar semakin tercipta situasi keamanan yang tetap terkendali serta kondisi daerah yang dinamis sehingga pembangunan pun semakin lancar. 

"Dan untuk memperlancar rencana gelar pasukan tersebut maka langkah pertama yang harus dilakukan dalam waktu dekat adalah membangun Batalyon Komposit di desa Lorulun," ungkap dia. (Laura Sobuber)
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment