-->

Gempa 5,9 Guncang Selatan Laut Banda, Tidak Timbulkan Tsunami

Gempa 5,9 Guncang Selatan Laut Banda, Tidak Timbulkan TsunamiSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Sebuah Gempa bumi tektoni dengan magnitude 5,9 Skala Richter (SR) mengguncang selatan Laut Banda, Provinsi Maluku, namun tidak berpotensi tsunami.

Menurut rilis dari BMKG, gempa yang terjadi pada hari Jumat (02/03) pukul 11.20.12 WIT ini terjadi dengan koordinat episenter pada 6,23 Lintang Selatan (LS) dan 130,33 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 357 km arah timur laut Kota Tepa, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Propinsi Maluku pada kedalaman 153 km.

Berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di daerah Saumlaki dan Tual dalam skala intensitas II SIG-BMKG ( III MMI), di Dobo I-II SIG-BMKG (II-III MMI). Guncangan gempabumi ini belum menimbulkan kerusakan.

"Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat subduksi Laut Banda. Hal Ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan mekanisme sumber naik mendatar (thrust oblique fault)," tulis Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Drs Moch Riyadi M.Si dalam rilis tersebut.

Hasil monitoring BMKG selama sehari belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Sementara BMKG juga mengajak masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Kabupaten MBD dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel