-->

Pendukung Jair Bolsonaro Serang Istana Presiden dan Mahkamah Agung


BRASILIA, LELEMUKU.COM - Para pendukung mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro pada Minggu 8 Januari 2023, menginvasi gedung Kongres, istana Presiden dan Mahkamah Agung. Kejadian ini mengingatkan pada invasi dua tahun lalu yang dilakukan oleh para pendukung mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Brasil saat ini dipimpin oleh Presiden Luiz Inacio Lula da Silva yang beraliran kiri. Dia mengalahkan Bolsonaro yang beraliran kanan dalam pemilu paling sengit pada tahun lalu. Presiden Lula da Silva mengumumkan aparat keamanan federal akan melakukan intervensi hingga 31 Januari 2023 setelah petugas keamanan di Ibu Kota kewalahan dengan invasi tersebut.

Dalam sebuah konferensi pers, Presiden Lula da Silva menyalahkan Bolsonaro atas kejadian ini dan mengeluhkan soal kurangnya aparat keamanan di Ibu Kota dan menyebut otoritas berwenang telah mengizinkan fasisme dan fanatik mendatangkan malapetaka.  

“Vandalisme ini melakukan apa yang belum pernah dilakukan dalam sejarah negara ini. Mereka bisa menjatuhkan fanatik nazi, fanatik stalin dan fanatik fasisme. Mereka semua yang melakukan vandalism ini akan dihukum,” kata Presiden Lula da Silva, yang sedang tidak ada di kantor karena melakukan kunjungan kerja ke negara bagian Sao Paulo.

Ribuan orang menggunakan pakaian kuning dan hijau melakukan aksi protes yang berujung rusuh di Ibu Kota buntut dari ketegangan berbulan-bulan pemilu Brasil pada 30 Oktober 2022. Bolsonaro belum mengakui kekalahannya dalam pemiu Brasil dengan menyalahkan sistem perhitungan suara elektronik di Brasil yang rawan penipuan sehingga melahirkan gerakan kekerasan bagi mereka yang tidak puas dengan hasil pemilu.

Bolsonaro belum memberikan komentar perihal penyerangan pada gedung Kongres, istana Presiden dan Mahkamah Agung. Bolsonaro sekarang jarang bicara ke publik sejak kalah pemilu. Dia terbang ke Florida Amerika Serikat 58 jam sebelum berakhir mandatnya sebagai Presiden Brasil dan absen dalam inagurasi Presiden Lula da Silva.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel