-->

Gempa Bumi Magnitudo 5,1Guncang Wilayah Kuta Selatan, Bali


BALI, LELEMUKU.COM - Gempa bumi dengan magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Kuta Selatan, Bali, pada Senin pukul 02.40 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengonfirmasi gempa tersebut.

Berdasarkan laman resmi BMKG yang dipantau di Jakarta, koordinat gempa berada pada 9,81 Lintang Selatan (LS) dan 114,07 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di 170 km barat daya Kuta Selatan, Bali dengan kedalaman 10 km.

Gempa tersebut dilaporkan tidak berpotensi tsunami. Namun, BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada atas kemungkinan gempa susulan.

Gempa juga terjadi di Nusa Tenggara Barat

BMKG juga mengonfirmasi adanya gempa dengan magnitudo 4,6 mengguncang Pulau Panjang, Nusa Tenggara Barat, pada Senin dinihari, 7 Agustus 2023. Gempa terjadi pada pukul 01.14 WIB.

Pusat gempa berada di laut 18 kilometer barat laut Pulau Panjang. Koordinat gempa berada pada 8.36 lintang selatan dan 116.76 bujur timur dengan kedalaman 11 kilometer. Getaran gempa dirasakan di Lombok Timur dengan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI) dan Lombok Utara dengan skala II-III MMI.

Pada skala II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Adapun pada skala III MMI, getaran dirasakan dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. BMKG mengimbau masyarakat di wilayah terdampak untuk waspada atas kemungkinan gempa susulan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel