-->

Paus Fransiskus Sesalkan Berakhirnya Gencatan Senj ata Israel Hamas


VATIKAN, LELEMUKU.COM - Paus Fransiskus pada Minggu, 3 Desember 2023, mengatakan "menyakitkan" melihat gencatan senjata Israel Hamas dilanggar, dan menyuarakan harapan bahwa semua pihak yang terlibat dapat mencapai gencatan senjata baru "sesegera mungkin".

Jeda tujuh hari dalam pertempuran antara pasukan Israel dan militan Hamas, yang memungkinkan terjadinya pertukaran sandera Israel dan tahanan Palestina, gagal diperpanjang pada Jumat. Pada Minggu, Israel meningkatkan kampanye pengebomannya.

Lebih dari 15.400 warga Palestina telah terbunuh hingga Minggu, menurut para pejabat Palestina, dalam konflik yang terjadi setelah serangan Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober yang menewaskan 1.200 warga Israel dan lebih dari 200 orang disandera. "Sungguh menyakitkan bahwa gencatan senjata telah dilanggar. Ini berarti kematian, kehancuran dan kesengsaraan," kata Paus Fransiskus—kata-katanya dibacakan oleh seorang ajudannya karena kesehatan Paus yang lemah—dalam pesan dan doa Angelus hari Minggu.

“Banyak sandera telah dibebaskan namun banyak yang masih berada di Gaza. Kami memikirkan mereka, keluarga mereka, yang telah melihat cahaya, harapan untuk kembali merangkul orang-orang yang mereka cintai.”

“Di Gaza terdapat banyak penderitaan, kekurangan kebutuhan dasar,” kata Paus Fransiskus. “Saya berharap semua pihak yang terlibat dapat mencapai kesepakatan baru untuk gencatan senjata sesegera mungkin,” tambahnya, dan menemukan “solusi selain senjata”.

Paus membatasi pidatonya di depan umum dan penampilannya karena ia sedang dalam masa pemulihan dari peradangan paru-paru yang memaksanya, antara lain, membatalkan perjalanan ke Dubai akhir pekan ini untuk menghadiri KTT iklim COP28 PBB.

Hari ini juga saya belum bisa membaca semuanya. Saya sudah membaik, tapi suara saya masih (kurang bagus),” kata Paus Fransiskus mengawali Angelus.

Layar dipasang di Lapangan Santo Petrus sehingga umat, yang biasanya mendengarkan Paus berbicara dari jendela yang menghadap ke alun-alun, dapat mengikuti pesannya.

Pada akhirnya, mereka menyambutnya dengan nyanyian "Viva il papa!" (Tempo)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel