-->

Tinjau Posyandu Balita Belur, Maruf Amin Target Nasional Prevalensi Stunting 14%


DELI SERDANG, LELEMUKU.COM - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin meninjau Posyandu Balita Melur 4, Jl. Gang Karya I, Desa Tumpatan Nibung, Kec. Batang Kuis, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (18/10/2023).

Dalam kesempatan ini, Wapres meninjau pelayanan yang diberikan di Posyandu tersebut, terutama terkait pelayanan stunting.

Kepada Wapres, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Deli Serdang dr. Aci Tambunan menjelaskan bahwa Posyandu Balita Melur 4 memberikan pelayanan mulai dari meja pendaftaran, pencatatan, penimbangan, meja konseling, pelayanan, penganekaragaman pangan, hingga peningkatan ekonomi keluarga.

Wapres pun menanyakan progres penurunan stunting di kabupaten tersebut.

“Berapa persen [penurunan stunting di sini]?” tanya Wapres.

“13,9 persen untuk Kabupaten Deli Serdang,” jawab dr. Aci.

Ketika memberikan keterangan pers, Wapres menunjukkan optimisnya bahwa tahun 2024, Kab. Deli Serdang akan mencapai target prevalensi nasional sebesar 14 persen.

“Kabupaten Deli Serdang itu sudah di bawah nasional, jadi sekarang 13,9 persen. Jadi nanti kalau tahun depan [2024] sudah sekarang dia sudah di bawah 14 persen,” ujar Wapres optimis.

Namun, di sisi lain, Wapres menyebutkan, di tingkat Pemerintah Provinsi Sumut penurunan stunting baru mencapai 21 persen. Untuk itu diperlukan upaya bersam agar 2024 dapat mencapai target nasional.

“Untuk tingkat provinsi masih 21 [persen], [kita] masih akan berjuang, dan kita berharap bahwa harus ada penurunan,” pesan Wapres.

“[Perlu penurunan] 7 persen untuk mencapai 14 persen,” tambahnya.

Wapres pun menekankan, untuk mencapai target nasional tersebut dalam waktu yang tidak lama lagi, perlu dilakukan percepatan.

“Karena itu, ini harus diusahakan betul ya, percepatan penurunan, sehingga target kita untuk mencapai 14 persen itu bisa dicapai,” tegas Wapres.

“Karena itu harus ada percepatan-percepatan karena memang masalah stunting ini penting, dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang sehat, yang cerdas, yang unggul,” pungkasnya.

Dalam peninjauan kali ini, Wapres memberikan paket bantuan makanan tambahan kepada anak penerima manfaat. Didampingi Ibu-ibu mereka, tampak anak-anak tersebut tersenyum ceria.

Selain Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, mendampingi Wapres dalam peninjauan tersebut, Pj. Gubernur Sumut Hassanudin, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Administrasi Sapto Haryono W.S., Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, Imam Aziz dan Arif Rahmansyah Marbun, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. (Setwapres)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel