-->

Tiba di Granada, Volodymyr Zelenskyy Ikuti KTT Komunitas Politik Eropa


MADRID, LELEMUKU.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah tiba di Granada, Spanyol pada hari Kamis untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Komunitas Politik Eropa. Ini adalah forum yang didirikan setelah invasi Rusia pada 2022 untuk membina kerja sama antara lebih dari 40 negara.

Para pemimpin Eropa untuk KTT itu diharapkan dapat meyakinkan Zelensky akan dukungan jangka panjang untuk Ukraina. Dukungan untuk Ukraina menjadi pembicaraan setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengaku khawatir bahwa pertikaian di Kongres negaranya dapat berdampak pada kelanjutan bantuan dari Washington ke Kyiv.

“Tujuan bersama kami adalah memastikan keamanan dan stabilitas rumah kita bersama di Eropa. Kami bekerja sama dengan mitra dalam meningkatkan arsitektur keamanan Eropa, khususnya keamanan regional. Ukraina memiliki usulan penting dalam hal ini,” kata Zelensky di media sosial X, yang sebelumnya bernama Twitter, Kamis, 5 Oktober 2023 setelah sampai di Granada.

Ia menambahkan bahwa para pemimpin negara akan memberikan perhatian khusus pada kawasan Laut Hitam, serta upaya bersama untuk memperkuat ketahanan pangan global dan kebebasan navigasi.

Sebelumnya, Rusia menarik diri dari perjanjian pada bulan Juli yang memungkinkan Ukraina mengirimkan produk makanan dengan aman melalui Laut Hitam, kawasan yang secara tradisional merupakan koridor ekspor utama Kyiv.

Ukraina menanggapinya dengan mendirikan “koridor kemanusiaan” sementara untuk kapal-kapal kargo. Beberapa kapal telah meninggalkan pelabuhan Laut Hitam Ukraina sejak itu.

Ia mengatakan prioritas utama Ukraina, terutama menjelang musim dingin, adalah memperkuat pertahanan udara. “Kami telah meletakkan dasar untuk perjanjian baru dengan mitra dan menantikan persetujuan dan implementasinya,” ujarnya.

Tanpa memberikan rincian, ia mengatakan Ukraina, yang sangat bergantung pada sekutu Baratnya dalam hal persenjataan. Ia khawatir Rusia akan melancarkan gelombang serangan udara baru terhadap fasilitas energi pada musim dingin ini.

Setelah pertemuan selesai, Zelensky hari ini kembali menyampaikan pesan lewat X. “Berbicara kepada para pemimpin di Granada, saya menyatakan bahwa kita masing-masing mewakili Eropa. Kita mungkin mempunyai pandangan masing-masing dan, kadang-kadang, pendapat yang berbeda mengenai isu-isu Eropa. Tapi tetap saja, kita semua adalah Eropa.” (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel