-->

Satgas Operasi Damai Cartenz 2023 Lumpuhkan 5 Anggota TPNPB-OPM di Pegbin

Satgas Operasi Damai Cartenz 2023 Lumpuhkan 5 Anggota TPNPB-OPM di Pegbin
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Aparat gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz 2023 berhasil menewaskan 5 anggota separatis TPNPB-OPM dan mengamankan 3 pucuk senjata api di Kampung Modusit, Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegbin), Provinsi Papua Pegunungan.

Dikatakan hal itu terjadi setelah pihaknya melakukan penyergapan di distrik yang berjarak 5 km dari Oksibil ibukota kabupaten Pegbin yang dikuasai kelompok tersebut selama lebih dari 1 minggu terakhir ini.

“Iya benar, setelah penyergapan. Total 5 orang KKB berhasil dilumpuhkan dan 3 Senpi berhasil diamankan,” jelas Kepala Ops Damai Cartenz 2023 Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani S.Sos, S.I.K, MH pada Sabtu 30 September 2023.


Faizal menyatakan pasca penyergapan terjadi, anggotanya berhasil melumpuhkan 4 orang anggota kelompok separatis dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) .

“Info dari lapangan bahwa terdapat 2 senjata api yang berhasil kami sita,” jelas Kombes Faizal.

Setelah itu, pihaknya kembali lagi melakukan penyisiran di TKP dan menemukan satu orang tewas dan satu senpi laras pendek.

Faizal memastikan pasca peristiwa ini, situasi di Pegunungan Bintang sudah dapat dikendalikan dengan baik oleh aparat keamanan.

Kasatgas Humas Damai Cartenz 2023 AKBP Dr. Bayu Suseno menyampaikan senjata api (senpi) yang berhasil diamankan adalah satu pucuk senpi laras panjang jenis SS1 tanpa Lade, satu pucuk senpi laras panjang jenis USA NOUVES (varian M4) dan satu pucuk senpi pendek jenis FN.

“Selain senjata api, barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu bendera bintang kejora, ratusan butir amunisi, lima unit Magazen dan beberapa alat komunikasi jenis HT (Handy Talky) dan Handphone,” ungkapnya.

Terkait identitas anggota separatis yang berhasil dilumpuhkan, Bayu menyampaikan saat ini Tim Gabungan TNI Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz masih mengidentifikasi kelima jenasah tersebut.

“Untuk identitasnya masih kami lakukan identifikasi. Saat ini pasukan di lapangan masih melakukan pembersihan di TKP, mengidentifikasi identitasnya dan nanti apabila memungkinkan jenazahnya akan diturunkan dari pegunungan,” ujar Bayu

Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Dafi Bastoni, S.I.K, M.I.K menjelaskan bahwa dalam kegiatan penegakan hukum yang dilakukan di Pegunungan Bintang ini melibatkan berbagai pasukan TNI Polri antara lain dari Satgas Gakkum yaitu Tim Delta, Brimob Resimen III, Kopasus yaitu Satgas Nanggala, Brimob Sulawesi Utara, Satgas Pamtas Batalyon 310/KK dan Polres Pegunungan Bintang.

“Keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama yg baik antara TNI Polri yg tergabung dalam Satgas Damai Cartenz maupun Satgas Pamtas yg sudah ada disini,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D.Fakhiri S.I.K menyatakan bahwa Polri akan intens mengejar kelompok yang selalu meresahkan masyarakat dan menganggu situasi Kamtibmas.

“Ini KKB yang kerap melakukan penyerangan kepada masyarakat di wilayah Pegunungan Bintang, kami terus melakukan penegakan hukum terhadap mereka, Polri bersama TNI dan Pemerintah Daerah akan terus melanjutkan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua tanpa adanya gangguan dari pihak manapun termasuk KKB,” ujar Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. (Evu)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel