-->

Yoweri Museveni Kecam Bank Dunia Urung Kirim Dana ke Uganda karena UU LGBT


KAMPALA, LELEMUKU.COM - Presiden Uganda Yoweri Museveni mengecam keputusan Bank Dunia yang menangguhkan pendanaan baru ke negaranya sebagai respon atas undang-undang anti-LGBTQ yang ketat di Uganda. Kampala berjanji akan mencari sumber kredit alternatif.

Sebelumnya pada Selasa, 8 Agustus 2023, Bank Dunia mengatakan undang-undang LGBT di Uganda bertentangan dengan nilai-nilai lembaga keuangan itu sehingga akan menghentikan pendanaan baru sampai dapat menguji langkah-langkah untuk mencegah diskriminasi dalam proyek-proyek yang didanainya. Bank Dunia memiliki portofolio sebesar US$5,2 miliar (Rp78 triliun) di Uganda, meskipun proyek-proyek ini tidak akan terpengaruh.

Undang-undang anti-LGBTQ di Uganda, yang diberlakukan pada Mei 2023, telah menuai kecaman luas dari organisasi hak asasi lokal dan internasional serta pemerintah Barat. Aturan tersebut, bagaimanapun, populer di dalam negeri. Undang-undang anti-LGBT di Uganda memberlakukan hukuman mati untuk tindakan sesama jenis.

Presiden Museveni mengatakan dalam sebuah pernyataan kalau pihaknya sedang berusaha mengurangi pinjamannya dalam hal apa pun dan tidak akan menyerah pada tekanan dari lembaga asing.

“Oleh karena itu, sangat disayangkan Bank Dunia dan aktor lain berani memaksa kami untuk meninggalkan keyakinan, budaya, prinsip, dan kedaulatan kami, menggunakan uang. Mereka benar-benar meremehkan semua orang Afrika,” katanya.

Museveni mengatakan jika Uganda perlu meminjam, ia dapat mencarinya dari sumber lain. Menurutnya, produksi minyak yang diharapkan dimulai pada tahun 2025 akan memberikan pendapatan tambahan. Kendati begitu, dia berharap Bank Dunia akan mempertimbangkan kembali keputusannya.

Sebelumnya pada Juni 2023, Amerika Serikat memberlakukan pembatasan visa pada beberapa pejabat dari Uganda buntut dari pemberlakuan undang-undang anti-LGBT tersebut. Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga memerintahkan bantuan Amerika Serikat ke Uganda ditinjau ulang.  (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel