-->

Tiba di Belanda, Volodymyr Zelenskyy Bahas Bantuan F-16 untuk Hadapi Rusia


AMSTERDAM, LELEMUKU.COM - Presiden Volodymyr Zelensky tiba di Belanda pada Minggu, 20 Agustus 2023, sebagai upaya mencari dukungan meningkatkan pertahanan udara Ukraina, beberapa hari setelah Amerika Serikat menyetujui kemungkinan pengiriman jet tempur F-16 oleh Belanda dan Denmark.

Belanda, bersama dengan Denmark, dalam beberapa bulan terakhir telah memimpin upaya internasional untuk melatih pilot Ukraina mengendalikan F-16 dan akhirnya mengirimkan jet untuk membantu melawan superioritas udara Rusia, yang pasukannya menginvasi Ukraina pada Februari 2022.

“Masalah utamanya adalah F-16 bagi Ukraina untuk melindungi rakyat kami dari teror Rusia. Kami semakin kuat,” kata Zelensky dalam sebuah posting di Telegram.

Zelensky akan bertemu dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di sebuah pangkalan udara militer di Eindhoven, kata kantor Rutte tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Rutte mengatakan pada bulan Mei Belanda secara serius mempertimbangkan untuk memberikan F-16, tetapi tidak jelas berapa banyak yang akan tersedia dan kapan.

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov pada hari Sabtu mengatakan pelatihan telah dimulai bagi Ukraina untuk mengoperasikan F-16, tetapi menambahkan akan memakan waktu setidaknya enam bulan dan mungkin lebih lama untuk melatih insinyur dan mekanik.

Pelatihan akan berlangsung di Denmark dan Rumania, kata para pejabat dari koalisi 11 negara.

Ukraina, yang mengharapkan puluhan pilot untuk dilatih, mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya tidak berharap dapat menggunakan F-16 musim gugur atau musim dingin ini.

Belanda dapat mengirimkan F-16 karena angkatan bersenjatanya beralih ke pesawat tempur F-35 yang lebih baru.

Menurut angka dari kementerian pertahanan, Belanda saat ini memiliki 24 F-16 operasional yang akan dihentikan pada pertengahan 2024. Sebanyak 18 jet buatan Lockheed Martin lainnya saat ini tersedia untuk dijual, 12 di antaranya telah laku.

Pada hari Sabtu Zelenskiy berada di Swedia, di mana dia membahas kemungkinan menerima jet Gripen.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel