-->

Maruf Amin Silaturahmi dengan Para Ulama di Ponpes Buntet


CIREBON, LELEMUKU.COM - Peran pesantren dalam memberdayakan masyarakat sudah tidak diragukan lagi. Banyak penduduk sekitar yang merasakan manfaatnya, salah satunya para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bisa mendapatkan modal usaha hingga pendampingan untuk menembus pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, peran ini perlu terus ditingkatkan agar kesejahteraan masyarakat khususnya dari segi ekonomi dapat semkin meningkat.

“Saya ingin mendorong terus peran-peran pesantren ini ke depan sebagai bagian daripada usaha pengembangan ekonomi baru yang selama ini tidak dianggap sebagai potensi ekonomi. Kita kembangkan baru dalam rangka meningkatkan, menguatkan ekonomi nasional kita,” tutur Wakil Presiden (Wapres) K.H Ma’ruf Amin dalam keterangan persnya usai melakukan silaturahmi dengan Dewan Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Buntet dan para ulama se-Kabupaten Cirebon, dan meninjau Expo UMKM Santri di Ponpes Buntet, Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Jumat (25/08/2023).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, peran ini telah terlihat cukup baik dijalankan di Ponpes Buntet dan sekitarnya.

“Sore hari ini saya melihat bagaimana ekonomi UMKM dibangun melalui basis pesantren,” papar Wapres.

“Dan ada yang sudah sampai ekspor ke luar negeri ya, dan banyak mempekerjakan juga masyarakat, memberdayakan masyarakat, dan juga bisa hasil-hasil produk masyarakat bisa dihilirisasi oleh para pelaku usaha UMKM, baik yang dibiayai oleh Bank Wakaf Mikro yang di pesantren ini maupun juga tentu dari pembiayaan-pembiayaan yang lain,” tambahnya.

Oleh karena itu, saat berbincang dengan para pengasuh Ponpes Buntet dan para ulama se-Cirebon, Wapres berpesan agar pesantren dapat mengembangkan upaya-upaya baik yang telah dilakukan selama ini, untuk semakin memajukan santri dan masyarakat sekitar.

“Saya bertemu para ulama di Buntet, tidak hanya ulama pimpinan Buntet, ada Pesantren Babakan Caringin, Pesantren Gedongan, dan ada beberapa kiai yang lain, membicarakan bagaimana peran pesantren yang sudah dilaksanakan,” imbuh Wapres.

“Bagaimana pengembangan pesantren masa depan dalam melaksanakan misi pesantren, baik sebagai pusat pengembangan Islam dalam rangka mencetak para ulama, maupun dalam rangka juga pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitarnya,” pungkas Wapres.

Hadir mendampingi Wapres dalam keterangan pers ini, Wakil Gubenur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, dan Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Ponpes Buntet K.H. Salman Al Farisi. (Setwapres)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel