-->

Kemenlu Gelar Kuliah Umum di Auditorium IISIP Yapis Biak


BIAK, LELEMUKU.COM - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia menggelar kuliah umum dengan tema “Diplomasi Indonesia” di Auditorium IISIP Yapis Biak, Senin (21/8). 

Kuliah umum yang dibuka oleh Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si,. M.Pd merupakan bagian dari memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia dan HUT Kementerian Luar Negeri Indonesia yang ke– 78. 

Biak dipilih oleh Kementerian Luar Negeri untuk pelaksanaan kuliah umum karena dinilai memiliki posisi strategis di Kawasan Pasifik, yang tentunya menjadi poros maritim dunia. 

“Kuliah umum penting sebagai kesiapan Indonesia dalam melakukan diplomasi politik, social budaya, ekonomi dan sejumlah kepentingan lainnya terkait dengan strategisnya posisi Kabupaten Biak Numfor sebagai poros maritim dunia yang berada dikawasan Pasifik,” ujar Bupati.

Dikatakan, melalui tema besar dari kuliah umum “Asean, Tantangan Global dan Peran Politik Luar Negeri RI”, para pelajar dan mahasiswa yang ada di Biak harus punya pola pikir, cara pandang untuk memahami dengan benar apa geo ekonomi dan geo politik dunia. 

Untuk itu, lanjutnya, Kabupaten Biak Numfor juga harus siap untuk menghadapi era pasar global yang ada dengan tantangan dunia kedepan tantangan dunia kedepan dimana didorong sebagai poros politik dunia. 

Bupati juga mengingatkan, setiap dosen yang ada di Biak memperhatikan kurikulum merdeka belajar harus benar – benar diterapkan dalam setiap proses pendidikan yang ada. 
“Dalam mendidik anak – anak harus ada standar yang diperhatikan oleh para pengajar, dosen, dan pimpinan perguruan tinggi, harus ada sebuah kearifan lokal yang diperhatikan dengan potensi daerah yang ada,” ujar Bupati 

Mahasiswa dan pelajar tidak hanya berpikir kuliah, masih lanjut Bupati, tetapi dikolaborasikan dengan visi misi bupati Biak Numfor bagaimana membangun ekonomi kerakyatan sehingga para pelajar ini tidak hanya kuliah tetapi bagaimana mereka bisa membangun UMKM yang ada, usaha yang ada sehingga kita didik mereka menjadi seorang intelektual yang mandiri.  

“Saya berharap generasi masa kini dan yang akan datang mampu menampilkan SDM yang mumpuni memanfaatkan setiap peluang seerta memiliki daya saing di tingkat lokal, nasional, bahkan global, dalam menyikapi Biak Numfor sebagai poros maritime dunia,” tandasnya. 

Sekedar diketahui, selain dihadiri pihak Kementerian Luar Negeri, kuliah umum ini juga dihadiri oleh jajaran pejabat, TNI/Polri serta mahasiswa dan para pelajar. (HumasBiak)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel