-->

Jokowi Hadiri Festival Budaya Nasional Mozambik


MAPUTO, LELEMUKU.COM - Hubungan persahabatan Indonesia dengan Mozambik terlihat nyata saat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri undangan Presiden Republik Mozambik Filipus Nyusi dalam acara pembukaan Festival Budaya Nasional 2023 atau National Festival of Culture Mozambik yang digelar di Lapangan Asosiasi Red Bulls, Maputo, Republik Mozambik, Rabu (23/08/2023).

Tiba sekira pukul 08.45 waktu setempat (WS) atau pukul 13.45 WIB, Presiden yang mengenakan pakaian batik lengan panjang disambut oleh Presiden Republik Mozambik Filipe Nyusi. Kedua pemimpin negara pun kemudian berjalan bersama-sama menuju panggung kehormatan. Presiden Jokowi bersama Presiden Nyusi pun terlihat kompak mengenakan ikat kepala tradisional Afrika.

Setibanya di panggung kehormatan, lagu kebangsaan kedua negara dilantunkan, kemudian parade kebudayaan pun dimulai. Perwakilan dari 11 provinsi yang ada di Mozambik dengan mengenakan pakaian adatnya secara bergantian melintas di hadapan kedua kepala negara.

Setelah parade selesai, acara pun dilanjutkan dengan penampilan tarian kolosal diikuti dengan penampilan tari setiap provinsi. Tampak kedua pemimpin negara menikmati setiap penampilan dari acara kesenian yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya di Mozambik tersebut.

Untuk diketahui, festival tersebut merupakan acara kesenian tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Mozambik serta diikuti oleh sekitar 1.500 seniman dari seluruh Mozambik, yang akan mempertunjukkan berbagai seni seperti kerajinan tangan, musik, film, tarian, fotografi, gastronomi, dan lain sebagainya.

Setelahnya, Presiden Jokowi diagendakan mengunjungi Kantor Presiden Republik Mozambik, Maputo, Republik Mozambik, untuk melaksanakan pertemuan bilateral antarkedua negara yang akan membahas sejumlah kerja sama bilateral dalam beberapa bidang.

Turut mendampingi Presiden yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Duta Besar RI untuk Republik Mozambik dan Malawi Herry Sudrajat.

Turut hadir juga dari pihak Mozambik Menteri Budaya dan Pariwisata Eldevina Maturula, Sekretaris Negara Judite Musaculla, dan Gubernur Provinsi Maputo Julio Parruque. (BPMI SETPRES/UN)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel