-->

Jokowi Ajak Masyarakat Syukuri Ketersediaan Air


BINJAI, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak masyarakat untuk lebih mensyukuri ketersediaan air di Indonesia. Jokowi mengaku lebih merasa bersyukur dengan keberadaan air setelah empat hari mengunjungi beberapa negara di Afrika.

"Saya bisa merasakan begitu pentingnya air setelah kemarin empat hari di Afrika. Kita ini sering tidak merasa betapa pentingnya air karena kita tidak pernah merasa kekurangan air. Nggak pernah kekurangan air, jadi nggak pernah merasa betapa pentingnya itu air," kata Jokowi saat meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mebidang, Kota Binjai, Sumatera Utara, Jumat, 25 Agustus 2023.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebut SPAM yang baru diresmikannya itu bakal menjadi penyediaan air minum di Medan, Binjai, dan Deliserdang. Pembangunan fasilitas tersebut, kata Jokowi, menelan anggaran hingga Rp948 miliar.

"Ini kerja sama Pemerintah Pusat, provinsi, dan kota/kabupaten. Tanahnya tanah provinsi, kerja sama yang seperti ini, jadi kalau kerja samanya baik, pembangunan juga akan berjalan dengan cepat," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyebut SPAM ini memiliki kapasitas 1.100 liter per detik. Jumlah itu dirasa Jokowi sangat besar sekali. Sehingga ia meminta kepada gubernur, bupati, dan wali kota agar menindaklanjuti sambungan-sambungan ke rumah tangga yang diperkirakan mencapai 88 ribu saluran.

"Kalau dijiwakan bisa 440 ribu jiwa, sangat besar sekali," kata Jokowi.

Setelah SPAM Regional Mebidang, Jokowi menyampaikan pihaknya akan segera meresmikan Jembatan Aek Tano Ponggol di Samosir. Proyek jembatan sepanjang 294 meter dengan panjang bentang utamanya 99 meter dengan lebaran 8 meter itu telah selesai dibangun dan menelan biaya hingga Rp157 miliar.

Sebelumnya, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Syafriel Tansier menjelaskan SPAM Regional Mebidang bakal mengairi 10 kecamatan di Kota Medan, 2 kecamatan di Kota Binjai, dan 1 kecamatan di Kabupaten Deli Serdang.

“Saat ini, kebutuhan air di kawasan Mebidang baru terpenuhi sekitar 64 persen. Dengan adanya SPAM Regional Mebidang ini kebutuhan air yang terpenuhi akan menjadi 83,6 persen,” kata Syafriel.

Sumber air baku SPAM Regional Mebidang berasal dari Sungai Bingei yang melintasi wilayah Kabupaten Langkat dan Kota Binjai dengan kapasitas total sebesar 2.200 liter per detik. Untuk pembangunan SPAM Regional Mebidang sendiri terbagi dalam dua tahap, dengan masing-masing tahap memiliki kapasitas sebesar 1.100 liter per detik. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel