-->

Uni Eropa Selediki Obat Diabetes dan Obesitas


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Badan Obat Eropa EMA sedang menyelidiki obat diabetes Ozempic dan obat penurun berat badan Saxenda produksi Novo Nordisk, setelah regulator kesehatan Islandia menandai tiga kasus pasien yang menggunakan obat tersebut berpikir untuk bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Saham pembuat obat Denmark itu langsung turun sekitar 1,5% pada hari Senin, 10 Juli 2023, menyusul berita tersebut.

Komite keamanan EMA sedang melihat efek samping yang diangkat oleh Badan Obat Islandia, termasuk dua kasus pikiran untuk bunuh diri yang berpotensi terkait dengan Ozempic dan Saxenda, kata regulator.

Satu pasien tambahan di Saxenda melaporkan pemikiran untuk melukai diri sendiri, kata agensi tersebut.

Investigasi EMA berpusat pada obat-obatan yang mengandung bahan aktif semaglutide atau liraglutide, untuk menurunkan berat badan.

Peninjauan tersebut dilakukan beberapa minggu setelah regulator menaikkan sinyal keamanan kanker tiroid atas beberapa produk Novo yang mengandung semaglutide, bahan aktif yang digunakan dalam obat diabetes Ozempic dan pengobatan obesitas Wegovy, yang permintaannya melonjak di Amerika Serikat. Saxenda mengandung liraglutide.

Pikiran untuk bunuh diri saat ini tidak tercantum sebagai efek samping dalam informasi produk UE dari perawatan ini.

Efek samping telah menghambat beberapa upaya sebelumnya oleh industri obat untuk mengembangkan obat penurun berat badan yang menguntungkan.

Acomplia Sanofi, yang tidak pernah mendapatkan persetujuan AS, ditarik di Eropa pada tahun 2008 setelah dikaitkan dengan pikiran untuk bunuh diri.

Acomplia dirancang untuk memodifikasi bagian sistem saraf yang mengatur nafsu makan. Namun, obat penurun berat badan baru seperti Wegovy mengatur nafsu makan dengan meniru hormon usus, dan tidak secara langsung mengganggu kimiawi otak.

EMA mengatakan akan mempertimbangkan apakah peninjauan harus diperluas untuk memasukkan obat lain dari kelas yang sama dan dikenal sebagai agonis reseptor GLP-1.

Keselamatan pasien adalah prioritas utama dan perusahaan menanggapi semua laporan tentang kejadian buruk dengan sangat serius, kata Novo Nordisk.

Data keamanan tidak menunjukkan adanya "hubungan sebab akibat" antara pikiran untuk bunuh diri atau menyakiti diri sendiri dan obat-obatan, katanya.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel