-->

Sviatlana Tsikhanouskaya Peringatkan Ancaman Kehadiran Kelompok Wagner di Belarus


MINSK, LELEMUKU.COM - Pemimpin oposisi Belarus Sviatlana Tsikhanouskaya hari Kamis (6/7) memperingatkan bahwa kehadiran Kelompok Wagner di negaranya merupakan ancaman besar bagi rakyat Belarus.

Dari Roma, ia mengatakan bahwa Presiden Alexander Lukashenko memanfaatkan kelompok itu untuk menampilkan citra stabilitas, menampilkan kelompok itu sebagai pasukan yang akan melindungi Belarus dari invasi asing dan “untuk mengendalikan lebih jauh rakyat Belarus.”

Sebelumnya, pada hari yang sama, Tsikhanouskaya bertemu dengan Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani serta Perdana Menteri Giorgia Meloni.

Ia juga bertemu dengan beberapa anggota parlemen Italia yang membentuk kelompok parlementer bernama “Teman Rakyat Belarus.”

Tsikhanouskaya mengatakan, ia tidak tahu rincian perjanjian di mana pemimpin Wagner, Yevgeny Prigozhin, diduga meninggalkan Rusia untuk menuju Belarus menyusul pemberontakan kelompoknya. Akan tetapi, ia mengatakan bahwa konsekuensi dari perjanjian yang difasilitasi Lukashenko itu “mungkin berakhir dengan konsekuensi terburuk bagi Belarus.”

“Kini Prigozhin disambut hangat di negara kami, dan itu menciptakan ancaman besar,” ujarnya.

Lukashenko pada hari Kamis (6/7) mengklaim bahwa pemimpin kelompok tentara bayaran itu berada di Rusia dan pasukannya berada di kamp-kamp mereka di lapangan.

Klaim Lukashenko itu tidak dapat diverifikasi secara independen, dan Kremlin menolak menanggapi keberadaan Prigozhin.

Tsikhanouskaya menantang Lukashenko pada pemilu 2020 dan ditekan untuk melarikan diri dari Belarus setelah pemungutan suara kala itu. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel