-->

Kostarika Dakwa Luis Guillermo Solis Atas Tuduhan Korupsi


SAN JOSE, LELEMUKU.COM - Kosta Rika telah mendakwa mantan Presiden Luis Guillermo Solis dengan tuduhan korupsi. Mantan pemimpin negara itu dituduh terlibat dalam transfer dana pemerintah yang tidak patut pada 2017 ke Bancredito milik negara.

Jaksa agung Kosta Rika dalam pernyataan yang dikutip Reuters pada Kamis, 6 Juli 2023, mengatakan, pengiriman yang dilakukan Solis memberi kesan bank "tampaknya memiliki likuiditas yang cukup" untuk kepentingan citra pemerintah.

Solis memerintah antara 2014 dan 2018. Ia membantah tuduhan tersebut.

"Kami selalu bertindak sesuai dengan hukum, mencari keuntungan negara, serta perlindungan kreditur Bancredito dan hak-hak pekerjanya,” kata mantan presiden yang berpandangan kiri-tengah itu dalam sebuah video yang diposting di Twitter.

Jika terbukti bersalah, Solis bisa menghadapi hukuman delapan tahun penjara, kata kantor jaksa agung.

Tuduhan atas masalah tersebut juga diajukan terhadap Helios Fallas, mantan menteri keuangan. Nama lain yang terseret adalah Sergio Alfaro, mantan menteri kepresidenan, serta dua pejabat senior kementerian keuangan.

Alfaro membantah tuduhan itu. "Saya tahu saya tidak melakukan kejahatan apa pun," katanya dalam pesan singkat kepada Reuters. Fallas menolak berkomentar langsung atas tuduhan itu.

"Ini adalah kasus yang sudah diadili," tulisnya dalam pesan teks, mengatakan dia tidak akan berkomentar lebih jauh. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel