-->

Arab Saudi akan Jadi Tuan Rumah Pembicaraan Perdamaian Ukraina


RIYADH, LELEMUKU.COM - Arab Saudi akan menjadi tuan rumah pembicaraan damai Ukraina bulan depan, mengundang negara-negara Barat, Ukraina, dan negara-negara berkembang utama, termasuk India dan Brasil. Hal ini dilaporkan The Wall Street Journal pada 29 Juli seperti dilansir Reuters Minggu 30 Juli 2023.

WSJ dilaporkan mengutip para diplomat yang terlibat dalam diskusi tersebut. Pejabat senior dari 30 negara, termasuk Indonesia, Mesir, Meksiko, Cile, dan Zambia telah diundang ke pertemuan di Jeddah pada 5-6 Agustus mendatang, kata laporan itu.

Tidak jelas berapa banyak dari mereka yang akan hadir. Inggris, Afrika Selatan, Polandia, dan Uni Eropa termasuk di antara mereka yang telah mengonfirmasi kehadirannya. Begitu juga dengan penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan, diperkirakan akan hadir, kata WSJ. Namun, pembicaraan itu mengecualikan Rusia.

Laporan itu mengatakan, pejabat Ukraina dan Barat berharap bahwa pembicaraan dapat mengarah pada dukungan internasional untuk persyaratan perdamaian yang menguntungkan Ukraina. Kyiv mengatakan negosiasi dengan Rusia hanya akan mungkin dilakukan setelah Moskow menarik pasukannya.

Rusia - yang mengklaim telah mencaplok sekitar seperenam dari Ukraina - mengatakan terbuka untuk pembicaraan damai dengan Ukraina, tetapi mereka harus mempertimbangkan "realitas baru" ini di lapangan.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel