-->

Mimika Juara Stand Pameran Favorit Tingkat Kabupaten/Kota di Padang

Mimika Juara Stand Pameran Favorit Tingkat Kabupaten/Kota di Padang

PADANG, LELEMUKU.COM - Pelaksanaan Penas Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), di kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, usai sudah.

Kegiatan yang dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, secara virtual mewakili Presiden RI, berakhir dengan acara penutupan yang berlangsung di Lapangan Udara Sultan Sjahrir, Tabing kota Padang, Kamis (15/6/2023).

Dengan tema "Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045", ajang pertemuan nasional petani dan nelayan andalan tersebut ditutup dengan pengumuman pemenang stand. 

Kabupaten Mimika menjadi pemenang stand pameran terfavorit tingkat Kabupaten/ Kota. Hal ini menjadi prestasi yang sangat membanggakan sebagai satu-satunya kabupaten yang mewakili Provinsi Papua Tengah di ajang tersebut, sebab Kabupaten Mimika bukan saja membawa nama harum Kabupaten, namun juga Provinsi Papua Tengah.

Penyerahan piagam pemenang diserahkan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BPPSDM) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi kepada Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) pusat, Yadi Sofyan Noor dan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi.

Sementara itu, mewakili kontingen Mimika yakni Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Maria Rettob dan Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Holtikultiura dan Perkebunan Mimika, I Nyoman Dwitana, menerima piagam dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI).

Pada kesempatan tersebut juga diumumkan juara umum pada Pekan Nasional (Penas) Tani Nelayan ke-XVI di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) yakni Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara, stand pameran terfavorit tingkat provinsi di Penas kali ini diraih oleh Provinsi Papua Barat Daya.

Sedangkan pemenang lomba stand pameran di ajang Penas untuk kategori instansi di pemerintah pusat, sebagai Juara 1 yaitu Direktorat Jenderal Holtikultura, Kementerian Pertanian RI; Juara 2 diperoleh Badan Pusat Statistik; dan Juara 3 dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementan RI. 

Kemudian kategori instansi tingkat pemerintah provinsi diraih oleh Provinsi Aceh sebagai Juara 1; Provinsi Jambi menjadi juara 2; dan juara 3 yakni Provinsi Sumatera Barat.

Sementara untuk kategori Instansi tingkat Kabupaten/Kota, sebagai juara 1 diraih Kabupaten Jember; Juara 2 Kota Padang; Juara 3 Kabupaten Jayapura.

Sedangkan untuk kategori umum, Juara 1 PT. Kubota Indonesia; Juara 2 Syngenta Indonesia; Juara 3 Bayer Indonesia.

Pemenang stand pameran terfavorit tingkat pusat diperoleh Badan Pusat Statistik. Pemenang stand pameran terfavorit tingkat provinsi diraih oleh Provinsi Papua Barat Daya, sementara itu pemenang stand pameran terfavorit kategori umum diperoleh Bayer Indonesia, serta pemenang stand pameran inovatif yakni Provinsi Banten.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, didampingi Wagub, Audy; Kepala BPPSDM, Dedy Nursyamsi, serta Ketua Umum KTNA, Yadi Sofyan Noor, menekan tombol sirine bersama-sama sebagai simbol berakhirnya Penas XVI 2023.

Penutupan Penas XVI diakhiri dengan penampilan Gamad, kesenian tradisional yang masuk dalam warisan budaya nasional, karena sudah mulai langka di Sumbar.

Pada acara penutupan Penas XVI, hadir pula Gubernur Sulawesi Utara, Maluku Utara, Kalimantan Utara, Anggota DPR, serta Bupati dan Walikota, dan masyarakat yang juga bisa menyaksikan meriahnya acara Penas XVI di Padang melalui tayangan langsung youtube Diskominfo Sumbar.

Pada penutupan Penas XVI 2023 juga diumumkan pelaksanaan Penas XVII tahun 2026 selanjutnya di Provinsi Gorontalo sebagai tuan rumah. (Diskominfo Mimika)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel