-->

Johannes Rettob Hadiri Pembukaan Penas KTNA XVI di Padang

Johannes Rettob Hadiri Pembukaan Penas KTNA XVI di Padang

PADANG, LELEMUKU.COM - Pembukaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI tahun 2023 kali ini digelar di Provinsi Sumatera Barat, berlangsung di Pangkalan TNI Angkatan Udara Sutan Sjahrir, Kota Padang, pada Sabtu (10/06/2023).

Penas KTNA XVI tahun 2023 bertemakan "Memantapkan Penguatan Potensi Dan Posisi Tawar Komoditi Lokal Untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045".

Adapun rangkaian pembukaan Penas KTNA XVI dimeriahkan oleh penampilan drumband gabungan dari Taruna/Taruni Akademi Militer, Akademi Kepolisian dan Praja IPDN yang dilanjutkan dengan performance tari massal bertajuk "Tari Manaruko Lumbung."

Manaruko adalah proses perjalanan nenek moyang suku bangsa Indonesia di berbagai pulau di nusantara, dimana nenek moyang datang melalui laut dan sungai kemudian naik ke daratan untuk membuka lahan untuk bertani dan beternak sebagai petani dan nelayan.

Ajang tiga tahunan ini dihadiri 14 gubernur, diantaranya Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edi Rahmayadi, yang duduk bersebelahan dengan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi. Di sebelah Gubernur Sumut, ada Gubernur Jambi, Al Haris; Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru dan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Nur.

Tampak juga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor; Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Lalu Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi ,serta Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Beberapa provinsi lain mengirim Wakil Gubernur, seperti Wakil Gubernur Riau, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, serta perwakilan Gubernur seperti Provinsi Papua Barat yang diwakili Bupati Teluk Wondama; Provinsi Papua Tengah diwakili Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob, dan Kepulauan Riau diwakili Walikota Tanjung Pinang.

Peserta terbanyak berasal dari Provinsi Sumut mencapai 1.790 orang, selanjutnya Riau mengirim 1.500 peserta, diikuti Kalimantan Timur sebanyak 1.391 peserta, Jambi 1.386 orang, Sumatera Selatan mengirim 1 156 utusan, dan Aceh sebanyak 1.135 peserta. Sementara dari enam provinsi di Papua, tercatat peserta mencapai 1.083 orang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., IPU., dalam sambutannya mewakili Presiden Republik Indonesia menyampaikan permohonan maaf karena Presiden RI, Joko Widodo, belum bisa hadir dalam kegiatan ini. Pemohonan maaf ini disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang pertanian secara virtual, sekaligus membuka kegiatan Penas KTNA XVI tahun 2023 secara resmi.  

Ucapan terimakasih dan penghargaan diberikan pula kepada masyarakat Provinsi Sumatera Barat yang telah bersedia menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Penas KTNA XVI tahun 2023.

"Dengan mengucapkan Bismillah pada hari ini, Sabtu tanggal 10 Juni 2023, atas nama Presiden RI, Penas Tani dan Nelayan ke XVI tahun 2023, saya nyatakan dibuka," ucap Menko Perekonomian.

Ditandai dengan pemukulan gendang tabua oleh Menteri Pertanian RI, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H., didampingi  Gubernur Provinsi Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P dan Ketua KTNA Provinsi Sumbar, Ir. Aznal Zakri, sebagai tanda dibukanya Penas KTNA XVI tahun 2023.

Dilanjutkan penyerahan dan penyematan penghargaan Satya lencana Nara Katya dan Satya Lencana Pembangunan Menteri Pertanian RI kepada perwakilan Gubernur dan Wagub serta Walikota se-Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, pada Penas KTNA XVI di Padang, Sumatera Barat, mengirimkan kontingen sebanyak 179 peserta yang diketuai oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Mimika, Petrus Lewa Koten. (Diskominfo Mimika)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel