-->

Indonesia Pindahkan Tempat Latihan Militer ASEAN dari Laut China Selatan ke Natuna


NATUNA, LELEMUKU.COM - Indonesia memindahkan tempat latihan militer bersama ASEAN ke lokasi jauh dari Laut China Selatan, yang menjadi sengketa sejumlah negara termasuk China.

Latihan non-tempur untuk anggota ASEAN awalnya direncanakan berlangsung di perairan paling selatan Laut China Selatan, yang juga diklaim oleh Beijing.

Tetapi latihan, yang akan digelar 18-25 September 2023 itu, akhirnya dipindahkan dari jalur air strategis itu ke Laut Natuna Selatan di perairan Indonesia, kata juru bicara TNI, Laksamana Muda Julius Widjojono.

“Latihan ini tidak terfokus pada pertempuran, jadi paling cocok untuk wilayah selatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” katanya seraya menambahkan latihan akan digelar di dalam dan sekitar Pulau Batam di muara Selat Malaka.

ASEAN selama bertahun-tahun telah diuji oleh persaingan antara Amerika Serikat dan China yang dimainkan di Laut China Selatan, sebuah jalur sekitar $3,5 triliun perdagangan kapal per tahun. Vietnam, Filipina, Brunei, dan Malaysia saling klaim dengan Beijing, yang menegaskan kedaulatan atas hamparan laut mencakup bagian dari zona ekonomi eksklusif Indonesia.

China mengklaim kedaulatan atas wilayah tersebut melalui 'sembilan garis putus-putus' berdasarkan peta sejarahnya, yang diputuskan oleh pengadilan arbitrase internasional pada tahun 2016 tidak memiliki dasar hukum.

ASEAN mendorong untuk menyelesaikan kode etik maritim yang telah lama ditunggu-tunggu dengan China, dan beberapa anggotanya berselisih dengan Beijing dalam beberapa bulan terakhir.

Indonesia yang memimpin ASEAN tahun ini mengatakan keputusan pemindahan lokasi tersebut merupakan keputusan independen dan "tidak ada intervensi" dari negara lain.

Ia juga mengatakan Kamboja dan Myanmar tidak menanggapi undangan untuk pertemuan persiapan latihan yang diadakan pada Senin di antara negara-negara ASEAN. Baik pemimpin junta Myanmar dan Kamboja memiliki hubungan dekat dengan China. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel