-->

Gempa Magnitudo 6,9 Guncang Kepulauan Fiji


SUVA, LELEMUKU.COM - Gempa dengan magnitodu 6,9 mengguncang wilayah Kepulauan Fiji dini hari ini Jumat 16 Juni 2023. Berdasarkan dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terjadi di 771 kilometer barat daya kota Suva, Kepulauan Fiji.

Gempa terjadi pada pukul 01.06 WIB. Kedalaman gempa tercatat 161 kilometer. BMKG menilai gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Hati-hati terhadap gempa bumi Susulan yang mungkin terjadi," dikutip dari warning.bmkg.go.id pada Jumat, 16 Juni 2023.

Menurut Survei Geologi AS (USGS), gempa berkekuatan 7,2 juga melanda wilayah dekat Tonga di Samudra Pasifik Selatan. Pusat gempa terletak sekitar 280 km (174 mil) barat daya Tonga, pada kedalaman 167,4 km (104 mil), menurut USGS.

"Sistem Peringatan Tsunami AS mengatakan tidak ada ancaman tsunami untuk Pantai Barat AS, British Columbia, atau Alaska setelah gempa tersebut," dikutip dari Reuters pada Jumat, 16 Juni 2023.

Biro Meteorologi Australia juga mengatakan tidak ada ancaman tsunami ke Australia. Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) awalnya melaporkan gempa berkekuatan 7 SR di dekat wilayah selatan Kepulauan Fiji. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel