-->

Vietnam akan Pangkas Ekspor Beras pada 2030


HANOI, LELEMUKU.COM - Vietnam berencana memangkas ekspor berasnya menjadi 4 juta ton per tahun pada 2030, turun dari 7,1 juta ton tahun pada lalu. Hal tersebut tertuang dalam sebuah dokumen pemerintah mengenai strategi ekspor beras.

Vietnam adalah pengekspor beras terbesar ketiga di dunia, setelah India dan Thailand.

Langkah pengurangan ekspor bertujuan untuk "meningkatkan ekspor beras berkualitas tinggi, memastikan ketahanan pangan dalam negeri, melindungi lingkungan dan beradaptasi dengan perubahan iklim," menurut dokumen pemerintah tertanggal 26 Mei yang dilihat Reuters.

Pendapatan ekspor beras akan turun menjadi $2,62 miliar per tahun pada 2030, turun dari $3,45 miliar pada 2022, menurut dokumen tersebut.

"Meskipun lahan pertanian padi Vietnam menyusut akibat perubahan iklim dan beberapa petani beralih menanam tanaman lain dan beternak udang, strategi tersebut tampaknya terlalu agresif," kata seorang pedagang beras yang berbasis di Kota Ho Chi Minh, Sabtu (27/5).

Pedagang itu mengatakan beberapa petani padi di Delta Mekong mengubah sebagian lahan sawah mereka menjadi perkebunan buah-buahan, menanam mangga, jeruk bali, nangka, dan durian, tetapi sebagian besar petani masih bergantung pada beras.

Beberapa tahun terakhir petani di wilayah Delta Mekong cenderung membudidayakan udang karena kenaikan air laut yang dipicu oleh perubahan iklim.

Vietnam akan mendiversifikasi pasar ekspor berasnya untuk mengurangi ketergantungannya pada negara mana pun, menurut dokumen pemerintah itu. Filipina telah lama menjadi importir beras terbesar di Vietnam, mencapai 45 persen dari total ekspor pada tahun lalu.

Pada 2025, 60 persen ekspor beras Vietnam akan dikirim ke pasar Asia, 22 persen ke Afrika, 7 persen ke pasar Amerika, 4 persen ke Timur Tengah dan 3 persen ke Eropa, kata dokumen tersebut. Pada 2030, pasar Asia akan mencapai 55 persen dan Eropa 5 persen. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel