-->

Kunjungi Belanda, Volodymyr Zelenskyy Hadiri Pertemuan dengan ICC


AMSTERDAM, LELEMUKU.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tiba di Belanda dengan pesawat pada Rabu malam atau Kamis 4 Mei 2023 waktu Indonesia, setelah berkunjung ke Finlandia.

Kunjungan mendadak Zelensky ke Belanda diperkirakan akan mencakup pertemuan di Pengadilan Kriminal Internasional (ICC). Selain itu, ia dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte serta anggota parlemen negara tersebut.

Kantor berita Belanda ANP melaporkan bahwa Zelensky, yang melakukan kunjungan pertamanya ke Belanda, mendarat di bandara Schiphol Amsterdam pada Rabu malam setelah menghadiri pertemuan puncak Nordik di ibu kota Finlandia, Helsinki.
 720x90-eksperimengabungtempoid

ANP menerbitkan foto gelap sebuah pesawat, mengklaim itu adalah pesawat pemerintah Belanda yang kemungkinan membawa pemimpin Ukraina. Pesawat pemerintah Belanda yang dilaporkan mengangkut Zelensky terbang pada Rabu dari bandara Polandia ke Helsinki, menurut NOS.

Zelensky akan mengunjungi ICC, yang berbasis di Den Haag, kata kantor berita itu.

Pada Maret, ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Presiden Rusia Vladimir Putin atas tuduhan bertanggung jawab atas "kejahatan perang deportasi anak-anak yang melanggar hukum" dari wilayah pendudukan Ukraina ke Rusia. ICC juga mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Maria Lvova-Belova, komisaris hak anak di kantor kepresidenan Putin, atas dugaan kejahatan perang terkait pemindahan anak Ukraina ke Rusia.

Rusia, yang bukan anggota ICC dan menolak yurisdiksinya, menyangkal melakukan kekejaman di Ukraina.

Zelensky juga diperkirakan akan menyampaikan pidato di Den Haag berjudul "Tidak ada perdamaian tanpa keadilan untuk Ukraina", menurut penyiar publik NOS. Pertemuan dengan anggota parlemen Belanda direncanakan serta pembicaraan dengan Perdana Menteri Rutte, lapor ANP, mengutip sumber tanpa nama.

Meskipun negaranya sedang dalam pergolakan perang, pemimpin Ukraina itu telah melakukan kunjungan mendadak ke beberapa ibu kota asing termasuk London, Paris, dan Washington, DC, sejak invasi besar-besaran Rusia pada Februari 2022.

Zelensky melakukan kunjungan mendadak ke Finlandia pada Rabu pagi, di mana dia berjanji bahwa tahun ini akan "menentukan" dalam berurusan dengan Rusia. “Saya percaya bahwa tahun ini akan menentukan bagi kami, untuk Eropa, untuk Ukraina, menentukan kemenangan,” katanya kepada wartawan saat konferensi pers bersama dengan timpalannya dari Finlandia Sauli Niinisto.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel