-->

Presiden Muhammadu Buhari Klaim Sukses Pimpin Nigeri


ABUJA, LELEMUKU.COM - Presiden Muhammadu Buhari, 80 tahun, pada Minggu, 28 Mei 2023, mengklaim melepaskan jabatan dalam kondisi Nigeria sudah lebih baik ketimbang saat dia mengambil alih kekuasaan pada 2015. Ucapan itu disampaikan pada hari saat dia resmi tak lagi menjabat sebagai orang nomor satu di Nigeria.

Pada Senin, 29 Mei 2023, Buhari akan menyerahkan tongkat kekuasaan pada Bola Ahmed Tinubu, 71 tahun, yang terpilih sebagai Presiden Nigeria yang baru dalam pemilu Februari 2023 kendati kubu oposisi mengklaim kemenangan itu karena pemilu telah dicurangi. Nigeria adalah negara paling padat penduduknya di Benua Afrika.

“Saya yakin kalau saya angkat kaki dalam kondisi Nigeria sudah lebih baik pada 2023 ini ketimbang pada 2015. Demokrasi kita sudah lebih baik dan warga sudah lebih tertarik dengan pemilu. Hasil dalam pemilu cukup untuk mencapai sebuah keamanan dan lingkungan yang terjamin untuk seluruh warga Nigeria,” kata Buhari dalam sebuah pidato yang disiarkan televisi.  

Terlepas dari klaim Buhari tersebut, pemerintahan Presiden Tinubu saat ini diwarisi pada tugas untuk menghentikan pemberontakan yang sudah berkecamuk selama 14 tahun di timur laut Nigeria. Pemberontakan di wilayah itu telah menewaskan 40 ribu orang dan 2 juta orang terlantar.

Di bawah pemerintahan Buhari, militer Nigeria merebut wilayah di timur laut Nigeria yang sebelumnya dikuasai oleh kelompok militan Boko Haram. Namun kelompok militan lain yang terkait dengan ISIS, yakni ISWAP, bangkit melakukan pemberontakan, di mana hal ini telah menjadi ancaman yang dominan.   

Buhari, yang mantan Panglima Militer Nigeria, terpilih sebagai Presiden pada 2015 dan terpilih lagi periode kedua pada 2019. Dia saat itu berjanji ingin mengakhiri korupsi dan ketidak-amanan di negaranya. Saat pertama kali terpilih, Buhari mendapat antusiasme yang tinggi.   

Akan tetapi, banyak pengamat dan analis melihat Buhari meninggalkan jabatannya dalam kondisi penuh kekecewaan. Nigeria, yang menjadi negara dengan perekonomian terbesar di Afrika, terperosok dalam krisis ekonomi yang serius. Inflasi di Nigeria menyentuh dua digit, utang membengkak, kemiskinan dan pengangguran serta krisis keamanan dengan kekerasan yang meraja-lela yang dilakukan oleh kelompok teroris dan kelompok kriminal yang melakukan pembunuhan massal serta penculikan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel