-->

Rakyat Sudan Saling Membantu dalam Krisis Kemanusiaan


KHARTUM, LELEMUKU.COM - Ketika Sudan runtuh ke dalam pertempuran minggu lalu yang telah mengurung warga sipil di lingkungan kota mereka, memutus akses ke air, makanan, dan perawatan kesehatan, kelompok komunitas, situs web, dan aplikasi bermunculan untuk memobilisasi bantuan medis dan menemukan persediaan dasar.

Perebutan kekuasaan yang kejam antara para panglima militer Sudan dan pasukan milisi RSF, yang sebelumnya memerintah bersama, telah membunuh ratusan warga sipil dan menjerumuskan Sudan ke dalam krisis kemanusiaan, membawa perang ke ibu kota Khartoum, yang tidak terbiasa dengan kekerasan semacam itu.

Satu kelompok yang ada, sebuah komite protes yang mengorganisir demonstrasi menentang dewan militer yang berkuasa, telah berubah menjadi semacam layanan kesehatan akar rumput. Di tempat lain, individu telah menggunakan teknologi untuk mencocokkan persediaan makanan, air bersih, dan obat-obatan lokal dengan lingkungan yang membutuhkan.
 IMG-20230409-170401-329

"Begitu perang dimulai, pada malam yang sama kami berkumpul untuk mulai memikirkan cara menjadi sukarelawan," kata Azza Surketty, bagian dari Komite Perlawanan Maamoura yang dibentuk selama pemberontakan massal pada 2019 dan membantu mengorganisir bantuan di distrik Maamoura di ibu kota selama pandemi Covid dan banjir bandang.

Mereka menggerakkan sebuah tim ahli bedah dan petugas medis, membuka kembali sebuah pusat kesehatan lokal untuk kasus-kasus mendesak dan mendirikan hotline untuk yang kurang mendesak. Mereka telah menangani setidaknya 25 kasus kesehatan sejak perang dimulai, kata Surketty.

“Dokter membantu kami menangani banyak kasus termasuk tembakan. Tapi menjadi sulit ketika kami mengalami banyak pendarahan, yang membutuhkan rumah sakit,” katanya, seraya menambahkan bahwa dua pasien telah meninggal karena kekurangan persediaan yang memadai.

Dari rumahnya di Arab Saudi tengah, web developer Freed Adel, 30 tahun, telah mengubah situs personalnya menjadi sebuah platform di mana orang-orang bisa meminta atau menawarkan bantuan berdasarkan lokasi mereka.

"Orang-orang mulai berbagi apa yang mereka butuhkan di jejaring media sosial dan ada yang lain yang memiliki persediaan berbagi juga. Saya punya ide untuk mengelompokkan semua kasus ini di satu tempat," katanya.

Situsnya telah membantu banyak orang di Khartoum, di mana pertempuran paling sengit berlangsung.

“Sebagian besar kebutuhan medis karena kurangnya layanan rumah sakit, tenaga medis dan fakta bahwa orang tidak dapat mencapai rumah sakit,” kata Adel.

Relawan

Di tempat lain di Khartoum, dokter berusia 25 tahun Makram Waleed telah membangun komunitas WhatsApp beranggotakan 1.200 orang yang dibagi menjadi beberapa grup untuk berbagai distrik ibu kota agar orang dapat berbagi informasi tentang pasokan kebutuhan pokok.

“Di mana pun saya melihat ke sebuah area tertentu, saya menemukan orang-orang yang benar-benar berkomunikasi dan kami berusaha untuk memperoleh obat-obatan dan makanan untuk beberapa orang,” kata Waleed.

Kebutuhan terbesar bagi kebanyakan orang adalah air minum, katanya, tetapi permintaan obat-obatan juga banyak, terutama untuk diabetes dan tekanan darah.

"Kami tidak memiliki banyak uang atau bantuan keuangan. Kami berusaha untuk memudahkan komunikasi antarorang,” katanya.

Dengan sebagian besar rumah sakit Khartoum yang tutup, dan sedikit yang masih buka yang hanya menawarkan layanan terbatas, kebutuhan obat-obatan sangat tinggi.

Doctorbase, aplikasi kesehatan yang dijalankan oleh Ahmed Mujtaba yang sebelumnya memiliki jaringan 30 dokter, telah beralih dari membantu orang Sudan mengatasi masalah yang ada terkait kemiskinan menjadi membantu mereka yang terkena dampak kekerasan.

Puluhan dokter dari seluruh dunia telah mendaftar sejak pertempuran meletus pada 15 April untuk memberikan waktu sukarela untuk memberi tahu warga Sudan yang membutuhkan bantuan medis dengan menggunakan aplikasi tersebut, kata Mujtaba, yang tinggal di Kanada.

“Sayangnya dalam dua hari terakhir kami telah menerima beberapa kasus yang mendesak. Mereka tidak dimaksudkan untuk dirawat menggunakan Telehealth, mereka sebenarnya harus pergi ke rumah sakit,” kata Mujtaba.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel