-->

Pelni Jayapura Siapkan 3 Kapal Layani Mudik Lebaran Tahun 2023

Pelni Jayapura Siapkan 3 Kapal Layani Mudik Lebaran Tahun 2023

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – PT. Pelni Cabang Jayapura, Provinsi Papua menyiapkan 3 armada kapal penumpang untuk melayani arus mudik Lebaran 1444 Hijriah Tahun 2023 di wilayah Tanah Papua, diantaranya KM Ciremai, KM Gunung Dempo, dan KM Sinabung.

“Selama mudik minimal 14 hari sebelum lebaran, mulai dari tanggal 7  April kemarin, tepatnya tanggal 8 April ada Kapal Gunung Dempo sudah layani sekitar 1.500 lebih penumpang dari Jayapura,” kata Kepala Pelni Cabang Jayapura, Slamet Yanwardi kepada Lelemuku.com pada Selasa, 11 April 2023.

Ia mengungkapkan sebenarnya ada 5 kapal yang melayani rute Jayapura, namun kedua kapal tersebut ditarik untuk melayani daerah yang lebih membutuhkan dan padat penumpang.

KM Dobonsolo kini melayani angkutan kendaraan dari Jakarta ke Semarang, Jawa Tengah (Jateng) dan KM Labobar melayani penumpang dari Balikpapan, Kalimantan Timur ke Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

“Sekitar 2 kapal yang diambil untuk melayani ruas-ruas yang lebih membutuhkan dan lebih padat lagi,” ujar Slamet. 

Ia menjelaskan pada Kamis, 20 April 2023 KM Ciremai akan layani penumpang menuju Serui, Biak, Manokwari, Sorong, Ambon, Namlea, Bau-Bau, Makassar, Surabaya dan Tanjung Priok. 

Diikuti pada Sabtu, 22 April 2023 KM Gunung Dempo layani penumpang menuju Nabire, Wasior, Manokwari, Sorong, Bau-Bau, Makassar, Surabaya dan Tanjung Priok.

“Orang mudik ini biasanya untuk tujuan pelabuhan yang jauh, seperti di Ambon, Bau-Bau, Makassar, dan Surabaya. Tetapi untuk yang dekat kita, lokal Papua saja itu biasanya tidak banyak untuk lebaran ini, serta diperkirakan lonjakan penumpang 6 persen dari sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara KM Sinabung baru saja menjalani docking perawatan dan perbaikan pada Kamis, 6 April 2023 dan akan masuk ke Jayapura pada Jumat, 14 April 2023. 

Menurut Slamet, Sinabung adalah salah satu transportasi pilihan yang tepat untuk mudik, karena diperkirakan pada Jumat, 21 April 2023 sudah tiba di Surabaya.

“Diperkirakan tanggal 21 atau 1 hari sebelum hari lebaran itu penumpangnya sudah sampai di Surabaya,” sebutnya. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel