-->

Jokowi Tinjau Kesiapan Mudik di Pelabuhan Merak Banten


SERANG, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Pelabuhan Merak, Banten pada pagi ini, Selasa, 11 April 2023 untuk mengecek kesiapan mudik lebaran 2023. Jokowi bertolak ke lokasi tersebut dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

"Presiden akan mendarat di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Provinsi Banten," bunyi siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa, 11 April 2023.

Setibanya di sana, Jokowi dijadwalkan akan menuju Pasar Kelapa di Kota Cilegon untuk mengecek harga-harga kebutuhan pokok, sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang di pasar tersebut. Selepas itu, Kepala Negara akan beranjak menuju Pelabuhan Merak untuk melakukan peninjauan fasilitas dan kesiapan Pelabuhan Merak dalam menghadapi arus mudik tahun 2023.

"Setelahnya, Presiden akan kembali ke Pelabuhan Indah Kiat untuk kemudian lepas landas menggunakan helikopter menuju Jakarta," bunyi siaran pers Istana.

Dalam kunjungan itu, Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sebelumnya, Jokowi meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, berhati-hati soal kesiapan transportasi menghadapi mudik lebaran tahun ini. Sebab, jumlah pemudik melompat dari 86 juta pada tahun lalu menjadi 123 juta tahun ini.

"Saya sudah memperingatkan," kata Jokowi dalam keterangan pers usai mengunjungi Pasar Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin, 10 April 2023.
Tol yang sudah selesai konstruksinya dibuka

Selain itu, Jokowi juga berharap tiga kepala daerah yang menjadi lokasi tujuan mudik bisa mempersiapkan diri. Mulai dari Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Tahun kemarin 86 juta, ini 123 juta. Hati-hati, angka ini hati-hati," kata Jokowi.

Sementara untuk mengurangi kemacetan, Jokowi juga memastikan tol-tol yang konstruksinya sudah selesai menjelang lebaran akan dibuka untuk bisa dimanfaatkan. "Setelah nanti lebaran, baru dicek lagi, siap dioperasionalkan secara lengkap," kata dia.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel