-->

Vo Van Thuong Resmi jadi Presiden Vietnam


NAYPYIDAW, LELEMUKU.COM - Majelis Nasional Vietnam, Kamis (2/3) memilih Vo Van Thuong sebagai presiden baru, dalam perombakan kepemimpinan tertinggi negara itu di tengah kampanye besar-besaran anti-korupsi.

Dalam sidang luar biasa, para anggota parlemen mengonfirmasi Thuong, 52, setelah Partai Komunis yang berkuasa menominasikannya pada Rabu sebagai presiden. Peran presiden sebagian besar bersifat seremonial, tetapi merupakan salah satu dari empat posisi politik teratas di negara di Asia Tenggara itu.

Pemilihan Thuong mengikuti pemecatan mendadak pada Januari dari pendahulunya Nguyen Xuan Phuc, yang disalahkan oleh partai atas “pelanggaran dan kesalahan” oleh pejabat di bawah kendalinya, dalam apa yang dipandang sebagai eskalasi besar dari tindakan keras anti-korupsi di negara itu.

Dalam pidato pertamanya di parlemen sebagai presiden baru, Thuong mengatakan dia akan “tegas” melanjutkan perang melawan korupsi.

Thuong adalah anggota termuda dari Politbiro partai, badan pembuat keputusan tertinggi di negara itu, tetapi dianggap sebagai veteran partai yang memulai karir politiknya sejak kuliah di universitas dalam organisasi pemuda komunis.

Dia secara luas dianggap dekat dengan Sekretaris Jenderal Nguyen Phu Trong, tokoh Vietnam yang paling kuat, dan arsitek utama perjuangan partai melawan korupsi.

Thuong terpilih dengan 98,38 persen suara, menurut portal online parlemen Vietnam. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel