-->

Prancis dan Inggris Capai Kesepakatan Soal Migrasi


PARIS, LELEMUKU.COM - Inggris akan membayar Prancis sekitar 480 juta pound (senila Rp 8,94 Triliun) selama tiga tahun untuk mencoba menghentikan para migran yang bepergian dengan perahu kecil melintasi Selat Inggris, sementara kedua negara sekutu itu mengambil langkah besar hari Jumat (10/3) untuk mengakhiri pertengkaran bertahun-tahun di era pasca-Brexit.

Pada pertemuan puncak yang dirancang untuk membangun kembali hubungan, Presiden Prancis Emmanuel Macron menyapa Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dengan senyuman dan berjabat tangan dengan saling menepuk pundak, sebelum mereka setuju untuk bekerja sama lebih erat.

Menggambarkannya sebagai "momen untuk menyambung kembali," kata Macron pada konferensi pers bersama bahwa hubungan kedua negara tegang karena keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Sunak mengatakan waktunya telah tiba untuk hubungan baru, sebuah "perjanjian yang diperbarui", mengutip "Entente Cordiale" yaitu perjanjian antara Inggris-Prancis di awal abad ke-20 (tahun 1904), yang telah memuluskan hubungan diplomatik antara dua pusat kekuatan Eropa.

"Jika kita jujur, hubungan antara kedua negara kita menghadapi tantangan dalam beberapa tahun terakhir," kata Sunak. "Hari ini kami telah membawa kerja sama ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya."

Keduanya sepakat untuk memajukan kerja sama energi nuklir, menegaskan kembali dukungan mereka untuk Ukraina dan berjanji untuk memperkuat interoperabilitas pasukan militer mereka, termasuk melalui pengembangan rudal masa depan dan sistem pertahanan udara.

Tapi bagi Sunak, migrasi adalah fokusnya saat dia menganggap kesepakatan itu sebagai pencapaian lain setelah menyetujui persyaratan baru dengan Brussel (Uni Eropa, red.) di Irlandia Utara pada bulan Februari.

Sejak menjabat Oktober lalu, Sunak telah menjadikan pemberhentian perahu-perahu migran sebagai prioritas setelah jumlah migran yang tiba di pantai selatan Inggris melonjak menjadi lebih dari 45.000 tahun lalu, atau naik lima kali lipat dalam dua tahun terakhir.

Dia telah mengusulkan undang-undang baru untuk melarang mereka yang datang dengan perahu kecil untuk mengklaim suaka, tetapi untuk ini dia membutuhkan kerja sama Prancis untuk mencegat perahu dan memutus jaringan perdagangan manusia di belakang arus kedatangan dari Afghanistan, Iran, Suriah, dan lainnya.

Sebagai bagian dari kesepakatan baru, Inggris akan membantu mendanai pusat penahanan di Prancis, sementara Paris akan mengerahkan lebih banyak personel Prancis dan meningkatkan teknologi untuk berpatroli di pantainya. Petugas dari kedua negara juga akan bekerja sama dengan negara-negara di sepanjang rute yang disukai oleh para pedagang manusia.

Seorang pejabat Inggris mengatakan London menyumbang 30 juta euro (hampir Rp 500M) selama tiga tahun untuk pusat penahanan migran, dan menambahkan bahwa migran yang ditahan akan dikirim kembali ke negara asal mereka jika mereka aman, atau ke negara terakhir yang mereka singgahi jika negara asal mereka tidak aman.

"Kami akan mengembangkan kebutuhan operasional dan akan memperkuat koordinasi," kata Macron.

Ia menambahkan bahwa untuk melangkah lebih jauh dalam mengatasi masalah apakah para migran dapat dikembalikan ke Prancis akan memerlukan kesepakatan dari seluruh blok Uni Eropa.

Sementara jumlah permohonan suaka di Inggris mencapai angka tertinggi dalam 20 tahun hampir 75.000 pada tahun 2022, itu masih di bawah rata-rata Uni Eropa. Dan banyak anggota UE sendiri berselisih tentang cara menangani migran, dan apakah mereka harus dikembalikan ke negara UE pertama tempat mereka tiba.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan puncak pertama dari dua kekuatan militer dan nuklir terbesar Eropa - keduanya anggota tetap Dewan Keamanan PBB - dalam lima tahun.

Hubungan antara kedua negara telah tegang oleh Brexit, dan sangat sulit selama perdana menteri Inggris Boris Johnson dan Liz Truss, dengan Truss pada satu titik menolak untuk mengatakan apakah Macron adalah "teman atau musuh."

Sunak dan Macron menjalin hubungan pribadi pada KTT COP27 di Mesir pada November selama pertemuan tatap muka pertama mereka, dua minggu setelah Sunak menjadi perdana menteri, dengan hubungan hangat mereka diberi label "Le Bromance" oleh beberapa surat kabar Inggris.

Kedua mantan bankir investasi itu, yang saling menawarkan kaus Rugby Union jelang pertandingan Six Nations yang genting di London pada Sabtu, didampingi oleh tujuh menteri di masing-masing pihak di Paris dan bertemu para pemimpin bisnis dari kedua negara untuk memperdalam hubungan ekonomi mereka.

Kemitraan energi

Pemasok energi Inggris, Octopus Energy, mengatakan setelah KTT bahwa mereka akan menginvestasikan 1 miliar euro ($1,1 miliar) di pasar energi hijau Prancis selama dua tahun ke depan, sementara kedua negara menandatangani dua kemitraan energi, menekankan tenaga nuklir sebagai sumber energi rendah yang aman. energi karbon.

"Prancis dan Inggris bekerja sama sehingga orang-orang seperti [Presiden Rusia Vladimir] Putin tidak akan pernah lagi mempersenjatai keamanan energi kita," kata Sunak.

Dengan perang di Ukraina, pertemuan itu juga merupakan kesempatan bagi dua negara pendukung terbesar Kyiv untuk menegaskan kembali dukungan mereka.

Kedua pemimpin menekankan bahwa untuk saat ini sangat penting untuk meningkatkan dukungan militer untuk Ukraina dan melatih pasukannya untuk memberikan keunggulan di medan perang, serta menempatkan Kyiv pada posisi terbaik pada hari ketika pembicaraan untuk mengakhiri perang bisa dimulai.

"Prioritasnya adalah (penguatan) militer (Ukraina)," tandas Macron.(VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel