-->

Jokowi Resmikan Tambang Udang Berbasis Bubuk di Kebumen


KEBUMEN, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) di Desa Plesung, Karangrejo, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah hari ini, Kamis, 9 Maret 2023. Tambak seluas 60 hektare itu diprediksi bisa menghasilkan 40 ton udang dalam setiap 1 hektarenya.

"Kawasan budidaya udang ini menghabiskan anggaran Rp175 miliar akan menjadi sebuah contoh yang nanti bisa di-copy untuk provinsi yang lain, kabupaten yang lain," kata Jokowi dalam peresmian BUBK seperti disiarkan YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 9 Maret 2023.

Jokowi menyebut tambak udang ini memilki manajemen yang modern dan bisa diterapkan di daerah lain. Adapun udang yang bakal dibudidayakan di sini berjenis vaname.

"Udang vaname yang memerlukan kebersihan air, yang memerlukan betul-betul manajemen yang detail, dan kita harapkan ini menjadi contoh bagi kita semua," kata Jokowi.
Ikut panen raya padi di Kebumen

Sebelum meresmikan BUBK, Jokowi terlebih dahulu mengikuti acara panen raya padi di padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Jokowi menyebut harga gabah kering panen (GKP) saat panen raya ini hanya di kisaran Rp4.200 per kilogram. Menurut dia harga tersebut terlalu rendah dan dapat merugikan petani.

"Pemerintah saat ini sedang menghitung dan nanti segera diumukan oleh Badan Pangan harga GKP-nya harusnya berapa, karena kita punya hitung-hitungan cost dalam setiap kompnen berproduksi beras ini sudah kaitan semuanya, baik mengenai sewa lahan, pupuk, bibitnya, dan lain-lainnya," ujar Jokowi saat mengikuti panen raya padi di Kebumen, Jawa Tengah, Kamis, 9 Maret 2023.

Jokowi berharap setelah dihitung ulang, Badan Pangan Nasional dapat menentukan harga gabah yang wajar untuk petani. Sehingga hal ini akan berimbas kepada wajarnya harga beras di pedagang.

"Harga pembelian beras oleh masyarakat juga pada posisi yang wajar. Semuanya mendapatkan manfaat dan keuntungan dari perhitungan itu," kata Jokowi. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel