-->

IMF Setujui Dana Talangan $3 Miliar untuk Sri Lanka


KOLOMBO, LELEMUKU.COM - Dana Moneter International (IMF) telah menyetujui paket penyelamatan finansial hampir $3 miliar untuk Sri Lanka setelah perundingan beberapa bulan dengan negara pulau di Asia Selatan yang ekonominya bermasalah itu.

IMF, Senin (20/3) mengumumkan akan segera mengucurkan sekitar $333 juta untuk Kolombo. Lembaga itu mengatakan Sri Lanka harus melakukan serangkaian perombakan ekonomi dan strategi antikorupsi sebagai bagian dari paket dana talangan tersebut.

Paket bantuan itu baru disetujui setelah China, India dan Jepang, kreditor internasional terbesar Sri Lanka, menyetujui strategi restrukturisasi utang.

Kantor Presiden Sri Lanka Ramil Wickremesinghe mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan kesepakatan itu akan mendatangkan bantuan hingga $7 miliar dari IMF dan berbagai lembaga keuangan internasional lainnya.

Presiden Wickremesinghe telah mendorong sejumlah reformasi ekonomi, termasuk menaikkan pajak penghasilan dan mengakhiri subsidi besar untuk BBM dan listrik.

Ekonomi Sri Lanka, yang mengandalkan sektor pariwisata, telah hancur akibat pandemi COVID-19 selain karena seperangkat keputusan buruk yang dibuat mantan Presiden Gotabaya Rajapaksa, yang menghabiskan cadangan devisa dan membuat negara itu tidak mampu mengimpor makanan, BBM atau obat-obatan. Warga Sri Lanka harus menderita hari-hari pemadaman listrik yang berkepanjangan.

Krisis di sana memicu pemberontakan populer yang kerap berubah menjadi kekerasan, yang menyebabkan Gotabaya Rajapaksa melarikan diri dari Sri Lanka dan mengundurkan diri dari jabatannya, praktis mengakhiri kekuasaan politik keluarganya selama dua dekade. Saudara lelakinya, Mahinda dan Basil, juga mundur dari jabatan mereka masing-masing sebagai perdana menteri dan menteri keuangan, di tengah-tengah demonstrasi antipemerintah. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel