-->

Uni Emirat Arab, India dan Prancis Kerja Sama Bidang Energi


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Uni Emirat Arab, India dan Prancis pada Sabtu, 4 Februari 2023, menyetujui sebuah inisiatif trilateral agar bisa lebih melancarkan proyek-proyek energi yang berfokus pada sumber-sumber dari tenaga surya, nuklir, upaya memerangi perubahan iklim dan melindungi keanekaragaman hayati khususnya di kawasan Samudera Hindia.

Kementerian Dalam Negeri India dalam keterangannya menjelaskan ketiga negara tersebut akan mengkoordinir sejumlah acara trilateral terkait presidensi India di G20 pada tahun ini. Sedangkan Uni Emirat Arab akan menjadi tuan rumah COP28 pada tahun ini. Anggota G20 terdiri dari negara berkembang dan negara maju.

Menteri luar negeri dari Uni Emirat Arab, India dan Prancis lewat sambungan telepon sudah sepakat mengadopsi sebuah jalan untuk mengimplementasikan inisiatif tersebut (proyek-proyek energi). Pembicaraan pertelepon tersebut sekaligus kelanjutan dari pertemuan pada September 2022 yang dilakukan disela-sela Sidang Umum PBB di New York.

Uni Emirat Arab, India dan Prancis akan memperpanjang kerja sama melalui sejumlah inisiatif, contohnya Mangrove Alliance for Climate yang dipimpin oleh Uni Emirat Arab dan Indo-Pacific Parks Partnership yang dipimpin oleh India dan Prancis.

Di sepakati pula kalau ketiga negara tersebut akan fokus pada sejumlah isu, contohnya penggunaan plastik, pengurukan dan ketahanan pangan dalam kontek International Year of Millets. Ketiga negara setuju untuk mengeksplorasi kemungkinan bekerja dengan Indian Ocean Rim Association dalam mewujudkan proyek-proyek energi bersih, lingkungan dan keanekaragaman hayati.

      
Indian Ocean Rim Association adalah sebuah forum regional yang mempersatukan delegasi dari pemerintah, pelaku usaha dan akademisi dari Afrika Selatan, India, Mauritius, Australia, Indonesia, Sri Lanka, Malaysia, Tanzania dan sejumlah negara lainnya.

Uni Emirat Arab, India dan Prancis akan berusaha memperluas keselarasan yang lebih besar pada aspek ekonomi, teknolog dan kebijakan sosial yang menjadi objek-objek dalam Paris Agreement 2015 demi mengatasi perubahan iklim dan mengakselerasikan sejumlah tindakan serta investasi yang dibutuhkan untuk masa depan rendah-karbon yang berkesinambungan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel