-->

Polisi Spanyol Sita 4,5 Kokain Senilai Ratuan Juta Euro dari Kapal Ternak


MADRID, LELEMUKU.COM - Polisi Spanyol menyita 4,5 ton kokain dengan perkiraan nilai jual 105 juta euro atau Rp1,7 triliun. Seperti dilansir Reuters, polisi pada Sabtu mengatakan telah menggerebek sebuah kapal ternak di lepas Kepulauan Canary awal pekan ini.

Kapal tersebut telah berhenti di sejumlah pelabuhan di belasan negara sebelum penggerebekan yang berlangsung pada Selasa lalu. Narkotika itu ditemukan di dalam kontainer yang digunakan untuk menyimpan makanan ternak.

Polisi menyatakan, penyelundup narkoba mulai menggunakan kapal ternak karena lebih sulit bagi polisi untuk melacak muatan ilegal mereka."Organisasi kejahatan internasional mengangkut narkotika dari Amerika Latin ke Eropa menggunakan kapal ternak untuk mempersulit kontrol dan pelokalan," kata pernyataan polisi Spanyol.

Polisi menangkap 28 awak kapal Orion V berbendera Togo. Kapal itu dibuntuti dari Kolombia dalam sebuah operasi gabungan oleh otoritas Spanyol, Drug Enforcement Administration Amerika Serikat, dan polisi Togo. Petugas menurunkan puluhan kotak berisi kokain di sisi pelabuhan di Las Palmas di Pulau Gran Canaria.

Kapal Orion V, yang telah dibuntuti dari Kolombia dan mengangkut ternak dari Amerika Latin ke Timur Tengah, telah diawasi selama lebih dari dua tahun. “Sebelumnya telah diperiksa dan digeledah, tetapi tidak ada narkotika yang ditemukan di dalamnya, meskipun ada petunjuk yang cukup,” kata polisi Spanyol.

"Orion V" mirip dengan kapal berbendera Togo lainnya, "Blume", yang dicegat pada pertengahan Januari di daerah yang sama di tenggara Kepulauan Canary. Aparat menemukan kokain dalam jumlah yang sama. Sebanyak sembilan ton narkoba telah disita pada Januari, kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Kedekatan Spanyol dengan Afrika Utara, sumber utama ganja, dan kedekatannya dengan bekas koloni di Amerika Latin, wilayah penghasil kokain utama dunia, telah menjadikannya pintu gerbang ke Eropa untuk narkotika. (Tempo)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel