-->

Kecelakaan Pesawat di Nepal, 40 Orang Dinyatakan Meninggal Dunia


NEPAL, LELEMUKU.COM - Setidaknya 40 orang tewas pada Minggu 15 Januari 2023 ketika sebuah pesawat maskapai penerbangan domestik Yeti Airlines jatuh di Pokhara di Nepal.

"Operasi penyelamatan sedang berlangsung," kata Jagannath Niroula, juru bicara otoritas penerbangan sipil Nepal kepada Reuters. "Cuaca cerah saat insiden terjadi."

Juru bicara militer Nepal memperkirakan jumlah korban tewas akan bertambah. “Kami kemungkinan akan menemukan lebih banyak jenazah,” kata juru bicara militer, Krishna Bhandari. "Pesawat itu hancur berkeping-keping."

Televisi lokal menunjukkan asap hitam tebal mengepul dari lokasi kecelakaan saat petugas penyelamat dan kerumunan orang berkumpul di sekitar reruntuhan pesawat.

Ada 72 orang di pesawat bermesin ganda ATR 72 yang dioperasikan oleh Yeti Airlines Nepal. “Mereka termasuk dua bayi, empat awak kabin dan 10 warga negara asing,” ujar juru bicara maskapai Sudarshan Bartaula.

Menurut petugas bandara, warga negara asing berasal dari Australia, Prancis, Argentina, India, Rusia, Irlandia, China, dan Korea Selatan.

Ratusan petugas penyelamat sedang menjelajahi lokasi kecelakaan lereng bukit. Pesawat itu berusia 15 tahun, menurut situs pelacakan penerbangan FlightRadar24.

ATR72 adalah pesawat turboprop bermesin ganda yang banyak digunakan dan diproduksi oleh perusahaan patungan Airbus dan Leonardo Italia. Yeti Airlines memiliki armada enam pesawat ATR72-500, menurut situs webnya.

Industri udara Nepal telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, membawa barang dan orang antara daerah yang sulit dijangkau, serta trekker dan pendaki asing.

Namun, pelayanan mereka terganggu oleh keamanan yang buruk karena pelatihan dan pemeliharaan yang tidak memadai. Uni Eropa telah melarang semua maskapai penerbangan Nepal dari wilayah udaranya karena masalah keamanan.

Kecelakaan udara juga terkadang terjadi di Nepal, rumah bagi delapan dari 14 gunung tertinggi di dunia, termasuk Everest. Sebab, cuaca dapat berubah tiba-tiba dan menimbulkan kondisi berbahaya.

Perdana Menteri Nepal Pushpa Kamal Dahal telah mengadakan rapat kabinet darurat setelah kecelakaan pesawat, kata pernyataan pemerintah.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel