-->

Joe Biden Lakukan Kunjungan Pertama ke Perbatasan AS-Meksiko


MEKSIKO, LELEMUKU.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden melakukan kunjungan pertamanya ke perbatasan AS-Meksiko sejak menjabat pada Januari 2021.
Kunjungan selama berjam-jam pada Ahad ini menyusul kebijakan yang baru-baru ini diumumkan oleh pemerintahan Biden. Kebijakan itu dimaksudkan untuk mengatasi peningkatan penyeberangan migran di perbatasan yang tidak berdokumen.

Masalah bermuatan politik telah membayangi presiden dari Partai Demokrat sejak menjabat, dengan kritik dari Partai Republik menuduh pemerintah terlalu lunak. Sementara kelompok hak asasi menuduh tindakan yang baru diumumkan akan membahayakan nyawa pencari suaka.

Biden mengunjungi Kota El Paso, Texas, menjelang lawatan ke Meksiko, di mana dia akan bertemu dengan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador pada Senin 9 Januari 2023. Ia akan menghadiri pertemuan tiga arah dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada hari berikutnya di Mexico City.

“Mereka membutuhkan banyak sumber daya. Kami akan mendapatkannya untuk mereka,” kata Biden kepada wartawan di Texas, setelah bertemu dengan agen perbatasan di Bridge of the Americas, yang menghubungkan El Paso ke Kota Ciudad Juarez di Meksiko. Jembatan ini merupakan salah satu perbatasan tersibuk antara kedua negara.

Selama kunjungan tersebut, Biden menyaksikan petugas perbatasan di El Paso mendemonstrasikan bagaimana mereka menggeledah kendaraan untuk mencari narkoba, uang, dan barang selundupan lainnya. Dia kemudian memeriksa bagian dari pagar tinggi di sepanjang perbatasan antara El Paso dan Ciudad Juarez.

Sementara itu, sebagai tanda ketegangan politik yang mendalam terkait imigrasi, Gubernur Texas dari Partai Republik, Greg Abbott, menyerahkan surat kepada Biden saat kedatangannya. Surat itu berisi dugaan "kekacauan" di perbatasan adalah "akibat langsung" dari kegagalan presiden untuk menegakkan undang-undang federal.

Kebijakan suaka yang kontroversial

Pekan lalu, pemerintahan Biden meluncurkan aturan imigrasi baru yang diantisipasi akan "secara substansial mengurangi" jumlah migran yang ingin melintasi perbatasan selatan, kata Biden kepada wartawan saat itu.

Aturan tersebut menciptakan program baru yang memungkinkan jalur hukum bagi sebanyak 30.000 warga negara Kuba, Haiti, Nikaragua, dan Venezuela untuk memasuki AS sebulan dan menerima izin kerja dua tahun. Namun dengan syarat, mereka memiliki sponsor di AS dan lulus pemeriksaan latar belakang.

Pada gilirannya, kebijakan tersebut memungkinkan otoritas AS untuk mengusir penduduk Meksiko dari empat negara yang kerap melintasi perbatasan. AS juga melarang mereka mengakses program tersebut. Meksiko telah setuju untuk menerima 30.000 penduduk yang diusir dari empat negara dalam sebulan, menurut pemerintah.

Kelompok HAM mengatakan kebijakan itu berbahaya bagi individu yang tidak punya pilihan lain selain melintasi perbatasan secara tidak teratur untuk mencari suaka. Mereka menuduh kebijakan baru tersebut merupakan perpanjangan dari era mantan Presiden Donald Trump, Pasal 42. Aturan ini memungkinkan pihak berwenang untuk dengan cepat mengusir pencari suaka dewasa yang melintasi perbatasan, dengan alasan masalah kesehatan COVID-19.

Setelah pertarungan pengadilan yang panjang, hakim federal AS pada November memerintahkan Title 42 dicabut. Namun, Mahkamah Agung AS akhir bulan lalu setuju untuk mempertimbangkan apakah negara bagian yang dipimpin oleh Partai Republik dapat menggugat pembatalan kebijakan tersebut, membiarkannya untuk sementara waktu .

Setelah pengumuman minggu lalu, Heidi Altman, direktur kebijakan di National Immigrant Justice Center, menuduh pemerintahan Biden "menolak secara terbuka" undang-undang AS, yang "dengan jelas menyatakan bahwa tiba di perbatasan & mencari suaka adalah legal".

Di atas Air Force One pada Ahad, Menteri Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah sedang mencoba untuk "mendorong cara yang aman dan tertib dan menghentikan organisasi penyelundupan".

Dia mengatakan kebijakan itu “bukan larangan sama sekali”, tetapi upaya untuk melindungi migran dan pengungsi dari trauma penyelundupan dapat terjadi.

Sementara pada Selasa, upaya untuk memperkuat hubungan ekonomi akan mendominasi pertemuan puncak trilateral para pemimpin AS, Meksiko, dan Kanada.

Pertemuan itu terjadi di tengah perselisihan energi Meksiko yang sedang berlangsung dengan AS dan Kanada. Washington dan Ottawa berpendapat bahwa upaya Lopez Obrador untuk memberikan kendali pasar kepada perusahaan energi negara yang kekurangan uang melanggar perdagangan Amerika Serikat-Meksiko-Kanada (USMCA).

AS dan Kanada telah meluncurkan proses penyelesaian sengketa terhadap Meksiko, yang menimbulkan harapan untuk mendukung kerja sama dalam pekerjaan dan investasi.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel