-->

Somalia Terancam Bencana Kelaparan, 200 Ribu Warga Kekurangan Pangan


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Lebih dari 200.000 warga Somalia menderita kekurangan pangan dan banyak yang meninggal karena kelaparan. Jika krisis ini tidak segera diatasi, jumlahnya bisa naik menjadi lebih dari 700.000 tahun depan, menurut analisis oleh aliansi badan-badan PBB dan kelompok bantuan.

Klasifikasi Fase Ketahanan Pangan Terpadu (IPC), yang menetapkan standar global untuk menentukan tingkat keparahan krisis pangan, mengatakan tingkat yang paling akut, "Kelaparan Fase 5 IPC",  untuk sementara bisa dihindari, tetapi keadaan menjadi semakin buruk.

"Mereka di ambang kelaparan, tetapi tidak ada yang tahu berapa lama lagi," kata Jens Laerke, juru bicara kantor kemanusiaan PBB (OCHA).

"Orang-orang sekarat karena kelaparan, tidak diragukan lagi, tapi saya tidak bisa menyebutkan jumlahnya," katanya dalam jumpa pers di Jenewa setelah analisis IPC terbaru tentang Somalia keluar.

Kekeringan dua tahun telah memusnahkan tanaman dan ternak di seluruh negara Tanduk Afrika ini, sementara harga makanan impor melonjak karena perang di Ukraina.

Di Somalia, di mana 3 juta orang terusir dari rumah mereka karena konflik atau kekeringan, krisis diperparah oleh pemberontakan kelompok terafiliasi ISIS dan Al Qaeda sehingga menghambat akses kemanusiaan ke beberapa daerah.

IPC sebelumnya telah memperingatkan bahwa daerah-daerah Somalia berisiko mencapai tingkat kelaparan, tetapi tanggapan dari organisasi kemanusiaan dan masyarakat lokal membantahnya.

"Namun krisis yang mendasarinya belum membaik dan bahkan hasil yang lebih mengerikan hanya dapat dihindari untuk sementara. Kondisi ekstrem yang berkepanjangan telah mengakibatkan perpindahan penduduk secara besar-besaran dan kematian kumulatif yang berlebihan," katanya.

Kelaparan terakhir Somalia, pada tahun 2011, menewaskan seperempat juta orang, setengahnya sebelum kelaparan diumumkan secara resmi.

Khawatir akan kejadian serupa atau bahkan lebih buruk kali ini, para pemimpin kemanusiaan dengan cepat mengatakan bahwa situasinya sudah menjadi bencana besar bagi banyak warga Somalia.

"Saya duduk dengan wanita dan anak-anak yang menunjukkan kepada saya gundukan di samping tenda mereka di kamp pengungsi tempat mereka menguburkan anak yang berusia dua dan tiga tahun," kata James Elder, juru bicara badan amal anak-anak PBB UNICEF, di Jenewa.

"Sementara deklarasi kelaparan tetap penting karena dunia harus melewati ini, kami juga tahu bahwa anak-anak sedang sekarat sekarang."

Skala Kerawanan Pangan Akut IPC memiliki serangkaian kriteria teknis yang rumit untuk mengukur tingkat keparahan krisis. Fase 5-nya memiliki dua level, Malapetaka dan Kelaparan.

Analisis Somalia menemukan bahwa 214.000 orang diklasifikasikan dalam Bencana dan jumlah itu diperkirakan akan meningkat menjadi 727.000 mulai April 2023 karena dana kemanusiaan mengecil.

Malapetaka diringkas di situs web IPC sebagai situasi di mana kelaparan, kematian, kemelaratan, dan tingkat kekurangan gizi akut yang sangat kritis terlihat jelas.

Dikatakan kelaparan diproyeksikan mulai April dan seterusnya di antara populasi agropastoral di distrik Baidoa dan Burhakaba, di Somalia tengah, dan di antara populasi pengungsi di kota Baidoa dan ibu kota Mogadishu.

Data IPC menunjukkan 5,6 juta orang Somalia diklasifikasikan dalam Krisis atau lebih buruk (Fase 3 atau lebih) dan jumlah itu akan meningkat dari April menjadi 8,3 juta -- sekitar setengah dari populasi negara itu.

OCHA meminta $2,3 miliar untuk menanggapi krisis di Somalia, yang sejauh ini telah menerima $1,3 miliar, atau 55,2%.

David Miliband, kepala kelompok bantuan Komite Penyelamatan Internasional, mengatakan kekurangan dana dari permohonan tersebut menunjukkan dunia tidak menganggap ini sebagai momen mendesak.

"Saatnya bertindak sekarang di Somalia," katanya kepada Reuters dalam sebuah wawancara, dan menambahkan bahwa apa yang terjadi pada 2011 harus menjadi peringatan. "Berhenti menunggu deklarasi kelaparan," katanya. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel