-->

Kota di Serbia Umumkan Situasi Darurat karena Keracunan Amonia


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Sebuah jalan raya internasional utama di Serbia timur ditutup, bersama dengan sekolah dan lembaga publik lainnya di daerah tersebut pada Senin, menyusul kebocoran amonia yang membuat puluhan orang sakit.

Situasi darurat diumumkan di kota timur Pirot, dekat perbatasan dengan Bulgaria, setelah kereta barang yang membawa amonia tergelincir pada Minggu malam. Kereta ini melepaskan gas ammonia yang mudah terbakar dan beracun ke atmosfer.

Investigasi sedang dilakukan untuk menentukan apa yang menyebabkan kecelakaan itu, kata pihak berwenang. Menteri Infrastruktur Goran Vesic mengatakan perhatian utama, bagaimanapun, adalah menangani situasi di tempat kejadian dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

"Kecelakaan itu mungkin disebabkan oleh infrastruktur yang buruk," katanya pada konferensi pers. Dia menambahkan pihak berwenang juga akan memeriksa apakah ada pelanggaran prosedur ketat untuk mengangkut bahan beracun.

Pengukuran Senin di beberapa tempat di Pirot - yang berjarak beberapa kilometer dari tempat kereta tergelincir - tidak menunjukkan adanya amonia di udara atau air, kata para pejabat.

Namun, otoritas setempat tetap mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan tetap berada di dalam rumah, sementara sekolah dan lembaga publik lainnya ditutup.

Wali Kota Pirot Vladan Vasic mengatakan kebocoran amonia menyebabkan "51 kasus keracunan." Sementara 15 lainnya dipindahkan ke kota selatan Nis, kata televisi pemerintah RTS.

Orang-orang di daerah itu juga disarankan untuk tidak minum air ledeng atau menggunakannya untuk menyiapkan makanan untuk sementara waktu, kata laporan itu.

Kebocoran gas amonia dapat mudah terbakar dan dapat menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian.

Kereta tersebut beroperasi dengan rute reguler dari Bulgaria ke Serbia. Kereta itu terdiri atas 21 gerbong, empat di antaranya tergelincir dan satu dengan kebocoran amonia, kata petugas darurat Luka Causic kepada televisi lokal Pink.

Lokasi kecelakaan tetap ditutup pada Senin dan lalu lintas di jalan raya menuju Bulgaria dialihkan ke jalan lokal. Jalan raya yang menghubungkan Serbia dengan Bulgaria biasanya sangat sibuk selama liburan Natal dengan orang-orang yang bekerja di Eropa Barat kembali ke negara asalnya.(Al Arabiya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel