-->

Senegal Tekuk Qatar 3-1, Tuan Rumah Tersingkir di Piala Dunia 2022

Senegal Tekuk Qatar 3-1, Tuan Rumah Tersingkir di Piala Dunia 2022

DOHA, LELEMUKU.COM - Senegal berhasil menjaga asa untuk lolos ke babak 16 besar usai mengalahkan tuan rumah Qatar pada pertandingan kedua penyisihan grup A Piala Dunia 2022. Bertanding di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, pada Jumat, 25 November 2022, Senegal berhasil memetik kemenangan dengan skor telak 3-1.

Timnas Senegal berhasil memetik keunggulan satu gol atas tuan rumah Qatar pada babak pertama. Gol Singa dari Teranga diciptakan Boulaye Dia pada menit ke-40 setelah memanfaatkan kesalahan dari pemain bertahan Qatar, Boualem Khoukhi, yang gagal menyapu bersih bola .

Pertandingan berlangsung dengan tensi cepat pada babak pertama. Qatar, yang kalah 0-2 dari Ekuador pada pertandingan pertama, berusaha tampil keluar menekan. Usaha The Maroon gagal. Senegal justru tampil dominan dalam penguasaan bola dan tak membiarkan Qatar mengembangkan permainan.

Berdasarkan statistik pertandingan, Senegal mendominasi 61 persen penguasaan bola dengan berhasil mencetak enam peluang. Namun, hanya dua peluang Senegal yang mengarah ke gawang. Adapun Qatar hanya mampu menguasai 39 persen penguasaan bola dengan menciptakan dua peluang. Skor 1-0 bertahan hinga turun minum.

Setelah turun minum, Qatar berusaha keluar dari tekanan dengan tampil lebih menyerang. Namun, ketidaksiapan lini pertahanan mereka mampu dieksploitasi. Babak kedua baru berjalan dua menit, Famara Diedhiou mencetak gol melalui sundulan memanfaatkan tendangan sudut Ismail Jacobs.

Qatar berusaha mencari gol balasan. Pada menit ke-63, umpan yang membelah pertahanan Senegal disambut Almoez Ali di dalam kotak penalti. Namun, tendangannya masih mampu diselamatkan kiper Edouard Mendy. Qatar akan melakukan tendangan sudut.

Pada menit ke-67, Qatar kembali mendapatkan peluang. Menerima umpan dari Akram Afif, tembakan Ismaeel Mohammad ke sisi kiri gawang masih mampu Mendy tepis.

Usaha The Maroon baru berbuah pada menit ke-78. Mohammed Muntari, yang menggantikan Al Haydos, mampu membuat Qatar mencetak gol perdana di turnamen. Dia melompat menyambut umpan silang sempurna dari Ismaeel Mohammad. Edouard Mendy tidak berdaya. Skor 1-2 Qatar tertinggal.

Permainan memanas setelah gol itu. Namun, alih-alih mencari gol penyeimbang, Qatar justru kembali lengah. Lewat skema serangan balik cepat, I Ndiaye berhasil mengirim umpan silang dari sisi kiri pertahanan Qatar. Bamba Dieng menyambut bola tersebut dan mengunci kemenangan Senegal dengan skor 3-1.

Hasil tersebut menjaga asa Senegal untuk lolos ke fase gugur, sedangkan Qatar dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022. Senegal akan menjalani laga penentuan menghadapi Ekuador pada laga terakhir Grup A.

Susunan Pemain


Qatar (5-3-2): Meshaal Barsham; Ismail Mohamad, Pedro Miguel/Tarek Salman (83); Boualem Khoukhi, Abdelkarim Hassan, Homam Ahmed/Mohammed Waad (83); Karim Boudiaf/Abdulaziz Hatem (69), Hassan Al-Haydos/Mohammed Muntari (74), Assim Madibo; Almoez Ali, Akram Afif
Pelatih: Felix Sanchez

Senegal (4-4-2): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Ismael Jakobs/Abouy Cisse (78); Ismaila Sarr/Iliman Ndiaye (74); Nampalys Mendy/Pape Sarr (78); Idrissa Gueye, Krepin Diatta/Pathe Ciss (64); Famara Diedhiou/Bamba Dieng (74), Boulaye Dia
Pelatih: Aliou Cisse..

(Arkhelaus Wisnu Triyogo| Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel