-->

Nuryakin Sebut Strategi Pengendalian Inflasi di Kalteng Harus Lebih Dimaksimalkan


PALANGKA RAYA, LELEMUKU.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng H. Nuryakin mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi di daerah bersama Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian secara virtual di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Kota Palangka Raya Senin (28/11/2022).

Pada kesempatan tersebut Tito menjelaskan potensi perkembangan harga pada bulan November dipengaruhi beberapa aspek. “Potensi inflasi pada bulan November terus bertambah karena tren kenaikan adanya momen menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) ,” ucap Tito.

Tito berharap seluruh Pemerintah daerah dan stakeholder terkait dapat bersinergi bersama menghadapi inflasi ini.

“Kepada seluruh Kepala Daerah dan stakeholder terkait untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi bersama dalam menghadapi dan mengantisipasi inflasi di wilayah masing-masing,” sambung Tito.

Tito juga menyebut bahwa pihaknya akan terus memantau situasi inflasi di daerah-daerah agar dapat membuat kebijakan yang tepat dan sesuai dengan melakukan koordinasi dengan Pemerintah daerah.

Ketika diwawancarai Tim MMC Kalteng usai mengikuti rakor, Sekda Nuryakin mengatakan bahwa rapat ini rutin dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri.

"Dalam menekan inflasi, kita sudah melakukan pasar penyeimbang dan pasar murah, kemarin juga kami ke Kotawaringin Timur untuk mengecek ketersediaan pangan, dan sampai saat ini stok kita relatif tersedia dan stabil, cukup sampai tiga bulan ke depan," jelas Sekda.

Lebih lanjut Sekda juga menyatakan saat ini Kalteng masih berada di 15 besar inflasi nasional. Ia meminta hal itu tetap menjadi perhatian bersama dan mengajak stakeholder terkait untuk berupaya memaksimalkannya.

"Kita harapkan bahwa strategi jangka menengah dan jangka panjang yang sudah kita lakukan itu lebih bisa dimaksimalkan," pungkasnya.

Sebagai informasi penyelenggaraan pasar penyeimbang merupakan upaya jangka pendek untuk menjaga daya beli masyarakat yang terdampak karena kenaikan BBM dan inflasi. Selain itu, Pemprov. Kalteng juga melakukan aksi Gerakan Tanam Bawang Merah dan Cabai (GERTAM BABE) BERKAH untuk jangka menengah dan jangka panjang, yang dimulai pada lokasi Jalan Tjilik Riwut km. 38 dengan luas lahan ± 30 hektar.

Turut hadir Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Kalteng Magfur, Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait.

Hadir pula secara virtual Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto, Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) Rachmi Widiriani, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Ali Jamil, Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen. Pol. Whisnu Hermawan Februanto, Koordinator Staf Ahli Panglima TNI Mayjen TNI Herianto Syahputra, serta Gubernur/Bupati/Wali Kota se-Indonesia. (DiskominfoKalteng)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel